Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Kediri

Satreskrim Polres Kediri Kota Bekuk Komplotan Pencuri Relief Makam Cina

Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana merilis kasus pencurian relief makam.

Kediri, memorandum.co.id – Teka teki pencurian relief di makam Bong Cina, di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, akhirnya terbongkar.


Itu setelah Satreskrim Polres Kediri Kota berhasil mengamankan TK (50), warga Kelurahan Pakelan, Kota Kediri; IS (42) warga Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto; TH (26), asal Desa Cibuyur, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang, Jateng yang berdomisili di Desa Pulo Lor, Kecamatan/Kabupten Jombang dan AC, warga Sidoarjo. Ke empatnya diduga sebagai pelaku pencurian, sehingga statusnya ditetapkan menjadi tersangka.


Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana mengatakan, terkait pencurian di lingkungan makam Bong Cina di Kelurahan Pojok sudah terang.

baca juga :  Polres Kediri Kota Bersama OPK Gelar Diskusi dan Silaturahmi

“Dari laporan tersebut, Satreskrim Polres Kediri Kota melakukan serangkaian penyelidikan. Dan pada 24 Oktober 2020, kami mengamankan empat tersangkanya,” ujar AKBP Miko, Selasa (27/10/2020).

Dari penangkapan ke empat tersangka ini, kata Miko, petugas mengamankan 15 relief Cina. Para tersangka mengaku mencuri karena mendapat pesanan untuk mencarikan relief makam yang ada di Kota Kediri.

“Selama Oktober, tersangka sudah tiga kali mencuri. Yang pertama mendapatkan 10 relief, berikutnya mendapatkan 2 patung singa dan yang ketiga 15 relief yang kita amankan saat ini,” urainya.

baca juga :  Edarkan Sabu, Warga Bangsal Dibekuk Polisi

Tersangka juga mengatakan satu patung singa yang terjual di luar kota dihargai Rp 400 ribu. Untuk itu, menurut Miko, pihaknya akan koordinasi dengan saksi ahli guna mengetahui, apakah relief-relief ini termasuk barang berharga atau bukan.

“Saat ini ke empat tersangka sudah kita amankan, dan satu orang tersangka inisial SR masih buron,” pungkas AKBP Miko.

Sementara, barang bukti yang diamankan dari kasus ini di antaranya 15 relief makam Tionghoa, 10 ban bekas motor, 1 unit kendaraan truk S 8970 ND  kuning merah, 1 unit HP merek Samsung J5pro, 1 buah ATM BRI, uang tunai Rp 7 juta,1 buah ATM BCA, dan 1 unit Panther biru metalik S 835 WJ beserta STNK. (mis/mad/fer)

baca juga :  Jualan Pil Dobel L, Pemuda Kota Kediri Dicokok Polisi

baca juga

Warga Bandar Kidul Jadi Bandar Koplo

Agus Supriyadi

Wanita Betet Simpan Sabu di Kamar

Ferry Ardi Setiawan

Tiga Pilar Kota Kediri Gelar Acara Pencanangan Inpres Nomor 6/2020

Ferry Ardi Setiawan