Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Headline Mojokerto

Sehari, 5 Rumah di Perumahan Japan Raya Dibobol Maling

Salah satu rumah korban dibobol maling di Perum Japan Raya Kecamatan Sooko

Mojokerto, memorandum.co.id – Warga Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto Rabu (19/8), digegerkan aksi kawanan pencuri dengan modus congkel jendela. Tak tangung-tangung, dalam sehari pelaku berhasil membobol 5 rumah sekaligus.

Korban pertama yang telah lapor aparat kepolisian yakni Aora Al Kahfi (22) warga Perumahan Japan Raya Jalan Mataram no 9 blok C 5 RT 3, RW 14 Desa Japan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Para pelaku berhasil menggondol satu laptop dan uang tunai sebesar 2 juta rupiah.

Dari informasi yang didapat di lokasi kejadian, aksi kawanan maling juga menyasar empat rumah lain di area lokasi yang sama.

Salah satunya rumah Fery Andi, warga di lingkungan perumahan tahap 5 Japan raya blok G 9 nomor 27 Desa Japan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Saat ditemui di kediamannya, dia mengaku aksi kawanan maling ini terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. Namun dirinya baru menyadari rumahnya menjadi sasaran kawanan maling sekitar pukul 04.00 WIB.

baca juga :  Kapolres Mojokerto Tinjau Tempat Ibadah Tangguh Semeru di Mojosari

“Saya tahunya subuh. Bangun, tahu-tahu jendela terbuka dan barang-barang di ruang tamu acak-acakan dan dompet ada di lantai,” terangnya.

Setelah dicek, uang tunai sebesar 200 ribu yang semula berada di dalam dompet hilang.

“Karena pada saat itu semua kamar saya kunci. Posisi dompet saya taruh di atas kulkas,” tegasnya.

Hal serupa juga dikatakan korban lain bernama Roroh (62). Rumah yang dihuninya berada di blok G 9 nomor 35 sempat disatroni kawanan pencuri dengan modus congkel jendela.

Saat ditemui di rumahnya, dia juga menuturkan bahwa aksi kawanan maling ini juga sempat menyatroni rumahnya. Namun gagal karena ketahuan.

“Semalam rumah saya juga sempat menjadi sasaran. Namun, pelaku tidak sampai berhasil membawa kabur barang-barang karena saya bangun mendengar suara seperti orang mencongkel, kemudian saya bangun pelakunya kabur,” terangnya.

baca juga :  Kapolres Mojokerto Bentuk Timsus Covid Hunter

Sementara untuk dua rumah warga lain yang juga menjadi sasaran kawanan maling hingga kini masih belum bisa dikonfirmasi.

Kanit Reskrim Polsek Sooko, Ipda Wahib saat dikonfirmasi mengatakan, hingga sampai saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait aksi kawanan maling di perumahan Japan Asri, Desa Japan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto pada Rabu (19/8/2020) dini hari.

“Kita sudah dapat laporan. Sementara ada satu korban yang lapor,” terangnya.

Kata dia, berdasarkan keterangan korban, aksi kawanan pelaku ini terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. Para pelaku memanjat pagar rumah kemudian mencongkel jendela lalu membuka pintu depan dan masuk melalui pintu depan.

baca juga :  Kapolres Mojokerto Bersama Forkopimda Tinjau Posko Induk Covid-19 

“Yang hilang untuk korban atas nama Aora Al Kahfi ada laptop dan uang tunai,” terangnya.

Sementara itu, terkait korban lain yang juga menjadi sasaran kawanan maling hingga kini masih dalam penyelidikan petugas.

“Kataya ada lima rumah yang menjadi sasaran, namun kita belum mengecek ke lapangan. Sebab yang lapor hanya satu orang,” tegasnya.

Sementara itu, salah seorang warga sekitar bernama Solahudin mengatakan, dengan adanya kejadian ini pihaknya berharap adanya patroli rutin yang dilakukan anggota kepolisian. Sebab kejadian serupa kerap terjadi di perumahan Japan Raya, Desa Japan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

“Sangat jarang. Pihak kepolisian patroli ke lingkungan sini. Ya semoga dengan kejadian ini polisi bisa rutin keliling kampung untuk patroli,” tandasnya.(no)

Reporter : Biro Mojokerto

baca juga

Wujudkan Jatim Sehat, Kapolres Mojokerto Bagikan Masker di  Pasar Sawahan

Aris Setyoadji

Waduk Long Storage Minta Korban

Agus Supriyadi

Video : Dikejar Polisi, DPO Tewas Tenggelam

Agus Supriyadi