Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Headline

Selisih 20 Emas dari Jabar, Harapan Jatim Jadi Juara Umum PON Papua Pupus

Ketua harian KONI Jatim, M Nabil

Merauke, Memorandum.co.id – Hari ini merupakan akhir dari gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Namun, Jawa Timur masih bertahan pada peringkat kedua klasemen sementara perolehan medali. Sementara posisi puncak masih diduduki Jawa Barat dan disusul DKI Jakarta di urutan tiga.

Data PB PON XX Papua yang dilihat pukul 15.27 WIT, Jatim mengoleksi total 270 medali. Rinciannya, 106 emas, 86 perak dan 78 medali perunggu. Sementara Jawa Barat mengumpulkan 334 medali terdiri dari 126 emas, 97 perak dan 111 perunggu.


Lebih lanjut, DKI Jakarta mendapatkan sebanyak 283 medali dengan rincian, 100 emas, 87 perak dan 96 perunggu. Tuan rumah Papua masih tertahan di peringkat keempat dengan perolehan 247 medali yakni 87 emas, 61 perak dan 99 perunggu.

baca juga :  Aeromodelling Jatim Sumbang Emas Pertama dari OHLG Putri

Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur M. Nabil tetap mengapresiasi capaian dan perjuangan atlet-atlet Jatim, kendati belum bisa mengkudeta posisi Jabar. Menurutnya, PON tahun ini terdapat banyak tantangan.

Tantangan yang dimaksud seperti halnya persiapan sangat minim. Apalagi ketika COVID-19 lagi ganas-ganasnya, semua atlet pun diminta latihan jarak jauh di sekitar tempat tinggalnya saja. “Pelatih dan kami hanya bisa mantau lewat Zoom dan video call,” kata Nabil, Kamis (14/10)siang.

Tidak hanya itu saja, peta persaingan di beberapa cabang olahraga (cabor) selama pandemi Covid-19 menjadi abu-abu. KONI Jatim mengakui bahwa kesulitan mengukur kekuatan para lawan lantaran tidak ada kompetisi atau event olahraga sama sekali.

baca juga :  Pebalap Motor Jatim Tak Sabar Taklukkan Sirkuit Kebun Coklat

“Antara Pra-PON dengan PON juga jaraknya 2 tahun. Nah dalam kurun 2 tahun ini sudah mengidentifikasi kekuatan-kekuatan lain. Tapi akan tetap evaluasi hasil ini, kami juga lihat kesungguhan dari pelatih, atlet dan ofisial yang luar biasa,” pungkas Nabil.(fdn)

Reporter : Faishal Danny

baca juga

Tim Wushu Jatim Patok 5 Medali Emas

Aziz Manna Memorandum

Tim Voli Putri Jatim Optimistis Akhiri Puasa Medali Emas Setelah 20 Tahun

Aziz Manna Memorandum

Tim Sepatu Roda Jatim Gagal Dapatkan 3 Medali Emas

Aziz Manna Memorandum