Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Hukum Kriminal

Selundupkan 4 Ekor Lutung Jawa, Samsudin Diadili

Terdakwa Samsudin saat sidang virtual di PN Surabaya

Surabaya, Memorandum.co.id – Samsudin, terdakwa dalam kasus penyelundupan satwa dilindungi, berupa 4 ekor monyet (lutung) Jawa menjalani persidangan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Samsudin harus rela didakwa oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sulfikar telah melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 21 Ayat (2) huruf a dan c Jo Pasal 40 Ayat (2) UU. RI No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.


Dalam persidangan yang digelar secara virtual di ruang Candra, Pengadilan Negeri Surabaya, JPU pengganti I Gede Willy Pramana, menghadirkan saksi penangkap Heriyanto. Menurut keterangannya, Heriyanto mengatakan saat itu sedang ada patroli rutin di Pelabuhan Penyebrangan Kapal Feri Kamal, Bangkalan,  Madura.

baca juga :  Setubuhi Pacar, Pengantar Katering Dituntut 7 Tahun Penjara

“Operasi tersebut digelar bersama anggota BKSDA setelah mendengar adanya informasi masyarakat kalau di pelabuhan tersebut sering terjadi jual beli hewan dilindungi,” kata Heriyanto.

Di tengah gelar operasi tersebut, ditemukan satu unit mobil sedan yang mecurigakan petugas. Saat itu terdakwa kebetulan sedang menunggu seorang pembeli Lutung Jawa. Karena mobil tersebut mencurigakan, akhirnya petugas melakukan penggeledahan.

“Ketika dibuka, dalamnya ada empat ekor Lutung Jawa yang disimpan dalam kerangkeng. Saat saya tanya lutung tersebut akan dijual, tanpa adanya surat-surat,” ujar Heriyanto.

baca juga :  Ancam Bunuh Bos dengan Parang, Inul Ngaku Hanya untuk Menakuti

Sementara itu, terdakwa mengaku dia hanya disuruh untuk mengantarkan ke calon pembeli lutung tersebut. Dia mengaku disuruh Hedi Sanjaya (DPO), serta diberi upah Rp 100 ribu setelah berhasil menjualnya.

“Saya hanya disuruh pak, karena adanya upah saya berangkat. Nggak tau kalau hewan itu dilindungi,” kata Samsudin.

Samsudin mengaku juga tidak dibekali surat oleh Hedi. Lutung Jawa itu rencananya akan dijual oleh Samsudin seharga Rp 500 ribu per ekornya.

“Saya janjian di pelabuahan Kamal Madura, belum sempat jual lutungnya ketangkep. Nggak ada surtanya, soalnya saya belum tahu,” tandasnya. (Mg-5)

baca juga :  Polda Jatim Gagalkan Penyelundupan 27.543 Benur ke Singapura

baca juga

Usai Nyabu di Hotel, Sejoli Dituntut 3 Tahun dan 4 Tahun

Aziz Manna Memorandum

Uruskan BPJS Diupahi Sabu

Aris Setyoadji

Unggah Foto Tidur Teman Kos, Dituntut 1 Tahun

Aziz Manna Memorandum