Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Madiun

Serahkan Hewan Kurban, Danrem 081 Ajak Berjuang Lawan Covid

Madiun, Memorandum.co.id -Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Waris Ari Nugroho, S.E., M.Si. menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada Kabintalrem Lettu Inf Mashuri selaku ketua panitia penyembelihan hewan kurban.

Ditemui di sela-sela prosesi pemotongan hewan kurban, Danrem menyampaikan tujuan dan harapannya dari kegiatan berkurban di satuannya tersebut.

“Selain untuk menjalankan perintah agama, ini juga sebagai bentuk kepedulian kami Korem 081/DSJ dengan berbagi hewan kurban kepada masyarakat yang kurang mampu,” terang Danrem di Halaman Belakang Makorem, Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun, Jumat (31/7/2020).

Karena menurutnya, makna dari hari Raya Idul Adha dengan melaksanakan pemotongan hewan kurban itu sendiri adalah agar setiap muslim harus memiliki rasa perhatian, kepedulian, solidaritas dan persaudaraan antara sesama, yang diwujudkan melalui berbagi daging kurban.

“Alhamdulilah, pada tahun ini secara keseluruhan kita memotong hewan kurban sebanyak 1 ekor sapi dan 6 ekor kambing, yang nantinya akan dibagikan ke yayasan-yayasan panti asuhan dan yatim piatu, serta kepada kaum dhuafa dan tukang becak.” katanya.

“Kita berharap, dengan kita ikut berkurban seperti sekarang ini, nantinya juga akan mampu untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT,” ungkapnya.

Dalam prosesi pemotongan hewan kurban itu, tampak juga petugas dari Dinas Kesehatan Kota Madiun yang mengecek langsung kelayakan hewan-hewan kurban tersebut.

Hikmah dari perayaan Hari Raya Idul Adha menurut Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Waris Ari Nugroho, S.E., M.Si. adalah agar  dapat mentauladani sejarah perjalanan keimanan, ketaqwaan dan ketauladanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam menjalankan setiap perintah Allah SWT.

Ia mengatakan bahwa, Hari Raya Idul Adha juga telah melahirkan banyak hikmah yang luar biasa. Mulai dari gambaran ideal sebuah keluarga, pesan moral bermasyarakat, hingga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Dengan keimanan dan ketaqwaannya, Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail telah memberikan contoh kepada kita untuk senantiasa taat dan siap berkorban guna menjalankan setiap perintah Allah SWT,” ujarnya.

Ia mengajak agar nilai tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dimana setiap warga negara harus bisa berkontribusi dan rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.

Danrem memberikan contoh sikap rela berkorban di tengah pandemi covid 19 saat ini, seperti dengan bahu membahu berjuang dan berdoa bersama melawan covid 19, agar wabah tersebut dapat segera berakhir.

“Contoh lainnya yaitu dengan selalu mempunyai ketaatan dalam menjalankan berbagai himbauan dan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” imbuhnya.

Tak ketinggalan juga dalam rilis tertulisnya, Kolonel Inf Waris Ari Nugroho turut menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha kepada seluruh umat muslim di Indonesia yang kini tengah merayakannya.

“Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 M, semoga dengan perayaan kali ini, akan semakin dapat memperkuat keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah, SWT,” tandasnya. (*/alv)

 

Reporter : Biro Mataraman

baca juga

Silaturahmi ke Gus Mizan, Danrem 081 Bicarakan Hal Ini

Agus Supriyadi

Plh Kasrem 081/DSJ Hadiri Liga Puter Jatim

Aris Setyoadji

Perkuat Ketahanan Pangan Nasional di Tengah Pandemi Corona

Agus Supriyadi