Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Polres Lamongan

Siaga Bencana, Polres Lamongan Siapkan Personel

Kapolres Lamongan AKBP Harun menyerahkan chain saw kepada salah satu camat.

Lamongan, memorandum.co.id – Musim hujan yang mulai datang membuat jajaran Polres Lamongan menyiagakan personel. Penyiagaan personel dalam rangka tanggap bencana itu tampak saat apel kesiapan penanggulangan bencana alam di Taman Ekspresi Desa Kendal, Kecamatan Sekaran, Rabu (25/11/2020) sore.

Apel siaga bencana ini dipimpin Bupati Lamongan H Fadeli didampingi Dandim 0812/Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono dan Kapolres Lamongan AKBP Harun serta diikuti Ketua BPBD Lamongan, personel Polres Lamongan, TNI, satpol PP, dan Tagana Dinas Sosial Lamongan.


Dalam amanatnya Bupati Lamongan menjelaskan tujuan pelaksanaan apel kesiapan penanggulangan bencana alam ini untuk mengecek kesiapan personel, sarana, dan prasarana pendukung dalam rangka mewujudkan keterpaduan dan sinergitas antara TNI-Polri serta pemerintah daerah terkait antisipasi terjadinya bencana hidrometeorologi di wilayah Kabupaten Lamongan.

Bupati menyampaikan, berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi dan Geofisika, fenomena la nina akan terjadi di Indonesia pada periode November sampai Desember ini.

“Tentunya hal tersebut akan berdampak naiknya curah hujan di wilayah Indonesia sekitar 20 sampai 40 persen. Oleh karenanya perlu adanya kesiapan tanggap bencana guna mengantisipasi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung di Kota Lamongan,” ujar Harun.

Dalam kegiatan apel tersebut Forkopimda memberikan bantuan chain saw kepada Camat Modo, Sukodadi, Maduran, Paciran, Brondong, dan Kepala Desa Kendal.

Selesai apel dilanjutkan pengecekan peralatan penanggulangan bencana alam sekaligus simulasi penolongan korban tenggelam di Bengawan Solo sebagai bentuk antisipasi petugas guna mengatasi adanya potensi bencana alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Lamongan. (cw2/har/fer)

Reporter : Biro Pantura