Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Lumajang

Sinergitas Polri dan Kemenag Lumajang Melaksanakan Pembinaan Prokes 5M

Kasatbinmas Polres Lumajang AKP Totok Sudarsono memberikan pengarahan.

Lumajang, memorandum.co.id – Masih tingginya angka penyebaran Covid-19 di wilayah Lumajang, Polres Lumajang dan kementererian agama (kemenag) memberikan pembinaan dan imbauan penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 kepada tenaga penyuluh agama, Senin (15/2/2021).

Acara yang digelar di kantor KUA Kecamatan Jatiroto ini dihadiri Kasatbinmas Polres Lumajang AKP Totok Sudarsono, Kapolsek Jatiroto, Kasubbag TU Kemennag DR M Mudhofar, Kasibinmas Kemenag Sudihartono, Danramil Jatiroto, camat serta Kepala KUA Jatiroto.


Dalam kesempatan tersebut Kasatbinmas Polres Lumajang AKP Totok Sudarsono menyampaikan sebagaimana tujuan dilaksnakaan kegiatan ini adalah implementasi dari Instruksi Menteri Agama nomor 1 tahun 2021 tentang Gerakan Sosialisasi Penerapan Prokes 5M.

baca juga :  Pastikan Kebutuhan Posko Bencana, Kapolres Lumajang Turun Langsung ke Lapangan

Instruksi ditujukan kepada seluruh jajaran kemenag pusat hingga kabupaten/kota, ini untuk mengintensifkan sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat.

Tentunya ini adalah upaya Polri dan kemenag untuk mengedukasi jajarannya dalam hal ini adalah tenaga penyuluh agama dalam menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada masayarakat

“Dengan pendekatan yang dilakukan tenaga penyuluh agama , diharapkan pesan edukasi terkait prokes bisa sampai kepada masyarakat karena biasanya penyuluh agama lebih memahami bahasa yang mudah diterima masyarakat,” jelasnya.

Penyuluh agama diyakini memiliki peran strategis dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan melalui tausiyah atau melalui ceramah yang disampaikan saat beribadah di masjid.

baca juga :  Polres Lumajang Ringkus 37 Tersangka

Totok berharap dengan keterlibatan para penyuluh agama dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya menerapkan 5 M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengindari kerumunan serta mengurangi mobilitas) akan bisa menekan secara maksimal penyebaran Covid-19.

“Dengan kegiatan ini diharapakan masyarakat semakin disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,” harapnya.

Selanjutnya, rombongan Satbinmas Polres Lumajang melanjutkan pembinaan dan penyuluhan di Musala Jogoyudan, Kecamatan Lumajang. (ani/fer)

Reporter : Biro Lumajang

baca juga

Warga Kedungjajang Ditemukan Tewas Bersimbah Darah

Agus Supriyadi

Wakapolres Pimpin Pemeriksaan Kelayakan Senpi

Agus Supriyadi

Wakapolres Lumajang Ikuti Prosesi Harjalu ke-765

Aziz Manna Memorandum