Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Metropolitan

SMK KAL-1 Surabaya Wujudkan Siswa Berkarakter

Kegiatan SMK KAL-1 Surabaya dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Surabaya, Memorandum.co.id – Berbagai upaya untuk mengimplementasikan dan mengembangkan pendidikan karakter penerus bangsa terus dilakukan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Khusus Angkatan Laut (KAL)-1 Surabaya. Salah satunya melalui kegiatan keagamaan guna mewujudkan siswa berkarakter.

Ratusan siswa dan para guru SMK KAL-1 Surabaya antusias mengikuti kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H sekaligus seminar motivasi kompetensi siswa. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.00 itu digelar di Gedung Olah Raga Wijaya Kusuma Kodiklatal Morokrembangan, Jum’at (15/11).


Kepala  SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Ambar Kristiyanto mengatakan pihaknya  sengaja menggabungkan kedua kegiatan tersebut dengan maksud mewujudkan tujuan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. “Yang ingin dicapai adalah fokus dalam pendidikan berkarakter. Berkarakter berdasarkan kompetensi dan harus ada relevansi, link and macth soal industri dan pendidikan” kata Ambar.

baca juga :  Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan Prajurit

Lebih lanjut  Ambar juga menekankan kepada seluruh siswa dapat meneladani Rasullah SAW yang berakhlak mulia, yakni sidiq, amanah, tabliq dan fatonah.  Acara itu menghadirkan Ustadz Oktav Fauzi LC, alumnus Al-Alhar Kairo, dengan topik Be a real lover Muhammad Shallahu’alihi wa sallam.  Sementara pada sesi seminar motivasi kompetensi siswa menyampaikan topik The Power of Dream di sampaikan oleh team siswa Garuda SMA Selamat Pagi Indonesia yang dimotori oleh I Wayan Kartika.

Tausiah yang disampaikan Ustadz Oktav Fauzi antara lain memberikan sebuah contoh budi pekerti. “Seorang raja yang tidak membangun istana, melainkan masjid sebagai basis pembangunan umat dan masyarakat. Ia  tidak mengambil upeti dari rakyat untuk diri dan keluarganya. Melainkan ia hanya mewajibkan  zakat dan jizyah. Ia senantiasa hidup sederhana, demikian pula orang-orang yang bersamanya. Dialah sebagai rahmat bagi seluruh alam,” papar dia.

baca juga :  Peringati Maulid Nabi Muhammad, Polres Gresik Santuni Anak Yatim

Pada sesi berikutnya motivator I Wayan Kartika dari Garuda SMA  Selamat Pagi Indonesia memberikan materi The Power of Dream  yang merupakan ajakan untuk berani memiliki impian dan pentingnya memiliki impian serta tahapan-tahapan yang harus dipersiapkan  sejak duduk di bangku SMP maupun SMA.

“Kami ingin berbagi semangat agar memiliki jiwa pemenang, tangguh, berani bermimpi besar dan menjadi manfaat dalam kehidupan, yaitu menjadi seorang valuable person. Karena impian adalah awal keberhasilan, dan impin memiliki kekuatan yang dahsyat,” ujar dia. (alf/udi)

baca juga

Tingkatkan Mutu Pendidikan, SMK KAL-1 Jalin Kerjasama dengan Malaysia

Aziz Manna Memorandum

Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan Prajurit

Aris Setyoadji

SMK KAL-1 Kucurkan Paket Internet, Pastikan Siswa Ikuti Ujian Akhir

Syaifuddin