Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

SMP/MTs Muhammadiyah Se-Surabaya Gelar Wisuda Tahfidzul Quran dan Festival Seni

Wisudawan Tahfidzul Quran SMP/Mts Muhammadiyah se-Surabaya.

Surabaya, memorandum.co.id – Diinisiasi oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SMP/ MTs Muhammadiyah se-Surabaya, pertama kalinya gelaran wisuda Tahfidzul Quran dan Festival Seni diadakan secara serentak yang dilangsungkan secara daring dan luring, Selasa (30/3/2021).

Seperti yang diutarakan Imam Sapari, Ketua K3S SMP/MTs Muhammadiyah Kota Surabaya, bahwa kegiatan seperti ini normalnya dilaksanakan di sekolah masing-masing.


“Pada tahun ini seluruh sekolah SMP atau MTs Muhammadiyah sepakat untuk melaksanakan kegiatan munaqosah atau menguji kemampuan siswa dalam menghafal dan melangsungkan wisuda secara bersama-sama baik secara online dan offline namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” papar Imam Sapari atau yang akrab disapa Gus Imsap.

Dijelaskan Gus Imsap, ini merupakan wisuda pertama kali yang digelar bersama-sama dan berhasil memunaqosah peserta didik hingga sebanyak 8 Juz. Adapun kegiatan tersebut juga bisa disaksikan melalui streaming youtube.

Imsap merinci, wisuda tahun ini diikuti oleh 240 peserta, 17 peserta offline dan sisanya 223 peserta didik mengikuti secara online.

Bagi peserta didik yang hafalannya terbanyak dan terbaik akan diwisuda offline dengan delegasi satu siswa satu sekolah. Sementara, peserta didik lainnya akan mengikuti wisuda virtual dari masing-masing sekolah.

“Wisuda bersama ini sekaligus upaya menjalin silahturahim antar sekolah SMP/Mts Muhammadiyah se-Kota Surabaya. Serta memberikan stimulan atau motivasi bagi peserta didik lain supaya lebih semangat lagi menghafal,” ujarnya.

Selain itu, wisuda secara virtual diharapkan bisa disaksikan masyarakat luas dan sekaligus menunjukkan komitmen SMP dan MTs Muhammadiyah dalam konsistensi meningkatkan kualitas dan kuantitas penghafal Alquran.

“Harapannya, pelaksanaan kegiatan ini bisa menjadi momentum yang baik bagi peserta didik, segenap civitas sekolah Muhammadiyah untuk terus menjadi sekolah pelopor Tahfidzul Qur’an di Kota Surabaya,” pungkas Gus Imsap. (mg3)