Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Polres Malang

Sosialisasi Layanan 110, Polres Malang Rilis Film Asumsi

Tayangan film layanan polisi 101 yang dibuat Polres Malang.

Malang, memorandum.co.id – Untuk memudahkan sosialisasi, Polres Malang membuat sebuah film sosialisasi program layanan polisi 110. Program ini digagas oleh Kapolri sebagai salah satu penjabaran program Presisi untuk mempercepat respon Polri dalam menjalankan tugas untuk masyarakat.

Ps Kasubbag Humas Polres Malang Aipda Nova Hanta Putra menyampaikan pembuatan film ini atas dasar perintah Kapolres Malang AKBP Hendri Umar. “Harapannya program ini dapat tersampaikan dengan baik pada masyarakat,” terangnya.


Dalam film ini digambarkan kemudahan pelayanan Polri pada masyarakat yang membutuhkan pelayanan. “Teknisnya apabila masyarakat membutuhkan layanan kepolisian dapat langsung akses 110 melalui ponsel atau telpon rumah secara gratis,” jelasnya.

Film ini disutradarai dan naskah skenario ditulis oleh Aipda Nova Hanta Putra yang kini menjabat Ps Kasubbag Humas ini melibatkan anggota satuan Lantas Polres Malang, yaitu Aiptu Cholilah, Briptu Haris, Bripda Yuhal Bima dan Bripda Ignas. Selama ini anggota ini sering menjadi talent di film pendek edukasi Satlantas Polres Malang ‘ZebraBoss’.

Film berjudul Asumsi ini menceritakan tentang mindset negatif masyarakat tentang keberadaan polisi di daerah rawan adalah untuk razia yang dianggap untuk “mencari” kesalahan, namun faktanya adalah keberadaan anggota untuk menjamin rasa aman di wilayah rawan.

Kesiapsiagaan anggota Polri ini juga untuk mengingatkan dan mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Misalnya, agar tidak menggunakan perhiasan yang mencolok saat berada di tempat umum karena akan mengundang niat jahat dari pelaku kriminal.

Film ini menayangkan efektivitas layanan 110. Masyarakat dapat terlayani secara cepat dalan pengaduan karena petugas piket siaga selama 24 jam dan siap menindak-lanjuti pengaduan dan dapat menghubungi anggota yang terdekat dengan TKP.

Dengan adanya aplikasi program Polisiku Piket 110 dapat memantau posisi seluruh anggota yang bertugas. “Untuk saat ini program layanan ini masih tahap sosialisasi dan trial error. Dalam waktu dekat akan dilaunching oleh Polda Jatim dan Polres Malang,” kata Ps Kasubbag Humas Polres Malang. (*/ari)