Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Hukum Kriminal

Spesialis Pencuri HP Pengunjung Makam Sunan Ampel Ditangkap

Yasin diamankan bersama barang bukti HP

Surabaya, memorandum.co.id – Yasin (45), masih beruntung tidak dimassa. Pria asal Bangkalan yang bertempat tinggal tidak menetap di Surabaya itu ditangkap petugas keamanan setelah terpergok curi HP Xiaomi milik pengunjung yang tertidur di Masjid Agung Sunan Ampel.

Kejadian itu berlangsung sekitar pukul 21.00 WIB. Kala itu pelaku berangkat ke masjid yang terletak di kompleks permakaman Sunan Ampel. Di sana pelaku juga sempat melaksanakan sholat Isyak.


Setelah menunaikan ibadah tersebut pelaku melihat tas selempang coklat milik korban yang diketahui bernama M Soleh (37).

baca juga :  Jambret Tas Pegirian, Korban dan Pelaku Tersungkur

“Karena korban tertidur pulas, menjadi target sasaran aksi kejahatan pelaku,” kata Kapolsek Semampir, Kompol Agus Ariyanto, Rabu (5/5).

Tidak menunggu lama, tersangka yang saat itu mengenakan baju koko lengkap dengan tasbih mendekati target dan berpura-pura tidur di dekat tas korban.

“Tidak ingin aksinya diketahui, pelaku menutupi tas korban dengan shal yang sudah dibawanya. Lalu pelaku meraba-raba isi tas,” terang Agus.

Sialnya, aksi kejahatan pria tersebut termonitor petugas kemanan dari CCTV. Selanjutnya Abdi Ampel memergoki pelaku yang sedang melancarkan aksi pencurian. Kemudian tersangka dan barang bukti diamankan ke kantor informasi wisata religi Sunan Ampel.

baca juga :  Pengguna Sabu Jatisrono Diborgol

Selanjutnya unit Reskrim Polsek Semampir mendatangi tempat kejadian perkara dan membawa pelaku beserta barang bukti ke Polsek Semampir.

Dari hasil introgasi terhadap tersangka, bahwa sudah kali melakukan pencurian barang berupa HP milik para peziarah di areal Masjid Agung Sunan Ampel.

“Saya sudah 4 kali curi HP milik jemaah. Aksi pencurian saya lakukan saat korbannya lengah,” pengakuan tersangka Yasin. (alf)

Reporter : Alfin

baca juga

Wanita Wonorejo Tepergok Curi HP di Mal

Aziz Manna Memorandum

Tuduh Aniaya Adik, Rampas HP Pengunjung Warkop

Ferry Ardi Setiawan

Tersangka Pencurian itu Jadi Budak Sabu

Syaifuddin