Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Jember

Stok Plasma Konvalesen di RSD dr Soebandi  Laris Manis

Penyitas Covid-19 dari Polres Bondowoso.

Jember, memorandum.co.id – Permintaan plasma konvalesen untuk pasien Covid-19 di Kabupaten Jember, cukup tinggi. Persediaan sekarang ini sisa 3 kantong.

“Hingga saat ini jumlah plasma konvalesen ada 60 kantong. Sebanyak 57 kantong di antaranya sudah terpakai dan sisanya sebanyak 3 kantong,” kata Direktur Rumah Sakit Daerah (RSD) dr Soebandi Jember dr Hendro Solistijono melalui Kabid Perawatan Endang Sulistyowati, Minggu (24/1/2021)


Sisa 3 kantong lanjut Endang,
Golongan darah A 1, B 1 dan O 1 yang terpakai dari golongan darah, A : 20, B : 9, O : 23 dan B :  5, catatan per tanggal Minggu (24/1/2021).

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember bekerjasama RSD dr Soebandi  menyediakan plasma konvalesen sebagai terapi penyembuhan pasien terinfeksi Covid-19 sejak 7 Januari 2021.

baca juga :  Pendonor Plasma Konvalesen di Surabaya Tinggi

“Permintaan pasien terhadap plasma konvalesen sangat tinggi dan sebagian besar pasien di Jember yang menggunakan. Ada beberapa daerah di Banyuwangi dan Probolinggo, yang juga mengambil dari RSD dr Soebandi,” tuturnya.

Ia mengatakan antusiasme warga penyintas COVID-19 untuk mendonorkan plasma darah di Kabupaten Jember cukup tinggi, tetapi sebagian besar terkendala pada fase penapisan (screening).

Screening ada dua tahap, yakni wawancara untuk mengetahui apakah memenuhi syarat. Kemudian setelah memenuhi syarat ada screening pemeriksaan kadar titer antibodi,” katanya.

baca juga :  Plt Wali Kota: PPKM di Surabaya Efektif

Endang mengatakan sebagian besar hal itu yang membatalkan mereka menyumbangkan plasma darahnya karena antibodi terlalu rendah dan sesuai ketentuan ada batasan titer antibodi penyintas Covid-19 yang bisa diambil plasma darahnya.

“Jumlah setiap harinya penyintas yang donor rata-rata bisa sampai 6- 8 orang setiap hari, namun yang memenuhi syarat menyumbangkan plasma konvalesen hanya tiga sampai empat orang saja jadi kurang dan lebihnya 50 hingga 75 persen nya saja,” beber Endang.

Seperti yang dilakukan belasan anggota Polres Bondowoso yang melakukan bakti sosial donor darah plasma konvalesen di RSD dr. Soebandi Jember. Dari 15 penyintas yang mendonorkan plasma darahnya, hanya 6 donor yang lolos screening dan bisa mendonorkan plasma darahnya untuk pasien Covid-19.

baca juga :  DPRD Surabaya Ajak Masyarakat Berani Donor Plasma Konvalesen

Sementara jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Jember hingga Minggu (24/1) tercatat kasus positif baru sebanyak 28, sehingga total pasien 5.378 orang. Kemudian tambahan pasien sembuh 35 orang, sehingga total pasien sembuh mencapai 4.788 orang dan total jumlah yang meninggal sebanyak 304 orang. (edy/udi)

baca juga

RSD dr Soebandi Diserbu Masyarakat Gara-gara Ini

Ferry Ardi Setiawan

Polsek Tempeh Fasilitasi Warga Penyintas  Donor Plasma ke PMI

Syaifuddin

Polres Lumajang Fasilitasi Antar Jemput Bagi Calon Pendonor Plasma

Ferry Ardi Setiawan