Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Polres Gresik

Sukses di Ponorogo, AKBP Muchamad Nur Azis Nakhodai Polres Gresik

AKBP Muchamad Nur Azis dan Ny Lina Ahlisoh

Gresik, memorandum.co.id – AKBP Muchamad Nur Azis resmi menjabat Kapolres Gresik menggantikan AKBP Arief Fitrianto yang melanjutkan tugas di SSDM Mabes Polri. Serah terima jabatan (Sertijab) dan pisah sambut dilangsungkan hari ini.

Muchamad Nur Azis, pria kelahiran Nganjuk, 3 Juni 1979 ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2002. Karirnya di institusi Bhayangkara sejauh ini banyak ditugaskan di Lembaga Pendidikan dan Latihan (Lemdiklat) Polri.


Penugasan pertama, ia menjadi Perwira Pertama (Pama) Polres Magelang Polda Jawa Tengah. Seiring berjalannya waktu, Azis -sapaan akrabnya- diamanahi sebagai Dantontar Korbintarsis Akpol 41 TK I/BS. Kemudian Gadik Pratama Dit Akpol Lemdiklat Polri.


Selanjutnya menduduki kursi Dankitar Korbintarsis Akpol, Kasattar Korbintarsis Akpol, Paur Subbagmin Korbintarsis Akpol, Dosen Muda Dit Akademik Akpol. Lalu sebagai Kaurprogar Subbagren Bagrenmin Akpol sebelum bertugas sebagai Perwira Menengah (Pamen) Polda Kalimantan Timur.

baca juga :  WNA Malaysia Ditemukan Tewas Dalam Mobil di Pintu Tol Manyar

Karirnya terus melejit. Sejumlah jabatan strategis diamanahkan padanya. Di antaranya Kanit Subdit II Ditreskrimum Polda Kalimantan Timur, Wakapolres Penanjam Paser sebelum akhirnya kembali dipercayai di Lemdiklat Polri.

Suami dari Lina Ahlisoh itu menjadi Dosen Muda Koorgadik Dit Akademik Akpol, Dosen Madya Lemdiklat Polri hingga Danyontar TK I Mentarsis Dit Bintarlat Akpol Lemdiklat Polri. Terakhir, ia memegang tongkat komando Kapolres Ponorogo.

Di bawah kepemimpinannya, sejumlah inovasi dan penghargaan berhasil diboyong ke Bumi Reog. Selama 16 bulan menjabat Kapolres Ponorogo, berikut ini inovasi yang lahir dari tangan dingin Azis. Baik dalam rangka memastikan kondusifitas kamtibmas pun penanganan Covid-19.

baca juga :  Pasok Sabu ke Gresik, Bandar Narkoba Sidoarjo Dikecrek

Di bidang kamtibmas, masa awal menjabat Azis langsung menggeber silaturahmi 100 tokoh agama. Kemudian safari salat Jumat dan membawa tagline BUMI REOG “Bersih Unggul Melayani Integritas Religius Empati Obyektif Guyub”.

Dalam penanganan Covid-19, jajarannya juga intensif turun gunung. Selain sosialisasi protokol kesehatan, juga menggelar vaksinasi door to door dan membuka gerai vaksin Presisi. Langkah ini masif dilakukan berkolaborasi dengan seluruh stakeholders.

Sejumlah prestasi yang berhasil diraih antara lain juara 1 video terbaik larangan mudik. Juara lomba KTL dan pembacaan puisi siswa/siswi SD hasil binaan Dikyasa Satlantas Polres Ponorogo.

Di bawah komando pria dengan tiga putra itu, Polres Ponorogo juga berhasil mengungkap kasus menonjol dan menjadi perhatian publik. Salah satunya ungkap kasus tabrak lari. Berkat kegigihannya, ungkap kasus tersebut berbuah penghargaan.

baca juga :  Operasi Zebra, Satlantas Polres Gresik Berbagi Helm dan Makanan

Kemudian ungkap kasus sejumlah persoalan. Polres Ponorogo mengamankan 14 tersangka kasus ledakan balon udara yang memporak-porandakan rumah penduduk. Seperti diketahui, selain dikenal Bumi Reog, Ponorogo juga identik dengan balon udara.

Kini, AKBP Muchamad Nur Azis resmi menduduki kursi Giri 1 -sebutan lain Kapolres Gresik. Ke depan apa sajakah inovasi dan prestasi yang akan dihadirkan oleh perwira menengah dengan dua melati di pundak itu? Tentu sepak terjang di atas bisa menggambarkan arah kebijakannya.(and/har)

Reporter : Biro Pantura

baca juga

Zoom Meeting Bareng Mendagri Jelang Cuti Bersama, Wakapolres Gresik Diminta Antisipasi Persebaran Covid-19

Agus Supriyadi

Ziarah Makam Sunan, Kapolres: Saya Berdoa Gresik Baldatun Toyyibatun Warabbun Ghofur

Aziz Manna Memorandum

Ziarah Makam Kanjeng Sepuh Sidayu, Kapolres Gresik Imbau Protokol Kesehatan

Ferry Ardi Setiawan