Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Tulungagung

Tak Aman, Banyak Fasum Pinka Rusak

Salah satu fasum di Pinka yang rusak.

Tulungagung, memorandum.co.id – Sebagian fasilitas umum (fasum) di lokasi kuliner Pinka Tulungagung mulai dari kursi taman, lampu taman, dan tempat sampah mengalami kerusakan hingga tidak dapat difungsikan.

Kerusakan ini sebagian besar berada di lokasi kuliner Pinka masuk wilayah Kelurahan Kutoanyar, Kecamatan/Kabupaten Tulungagung.


Herman (46), salah satu warga Kelurahan Kutoanyar, mengatakan, rusaknya beberapa fasum itu bukan karena berkarat pada bagian sambungannya. Namun kemungkinan besar karena dirusak pengunjung yang tak bertanggung jawab.

“Kursi taman banyak yang rusak, lampu taman banyak yang hilang, sampai tempat sampah itu tutupnya rusak, ada juga yang malah patah,” ucapnya, Senin (5/4/2021).

Kondisi seperti ini juga disesalkan oleh Ketua Karang Taruna Kelurahan Kutoanyar Aditya Nurwardaha.

Adit menyebut, kerusakan paling banyak terjadi pada fasum yang jauh dari permukiman warga.

Ia berharap, pemkab memikirkan untuk pemasangan closed circuit television (CCTV) di lokasi-lokasi rawan terjadi perusakan.

“Ya kalau bisa ditambah CCTV, biar terekam yang melakukan kerusakan dan ada antisipasi,” harapnya.

Sementara Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung, Makrus Manan mengakui, saat ini pihaknya telah melakukan pendataan.

Kemudian pada perubahan anggaran keuangan (PAK) akhir 2021 mendatang, usulan renovasi fasum Pinka akan dikerjakan. “Masuk di LH, itu nanti ada di Perubahan PAK,” pungkasnya. (fir/mad/fer)