Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Probolinggo

Tak Kenal Libur, Satbinmas Polres Probolinggo Kota Masifkan Edukasi Aplikasi Peduli Lindungi

Kasatbinmas Polres Probolinggo Kota AKP Retno Utami terus mengedukasi Aplikasi Peduli Lindungi kepada warga Kampung Tangguh Semeru.

Probolinggo, memorandum.co.id – Satbinmas Polres Probolinggo Kota terus masifkan edukasi aplikasi Peduli Lindungi di tengah masyarakat.

Kali ini, yang menjadi sasaran adalah warga di lingkungan Kampung Tangguh Semeru (KTS) Wirosecang, Kelurahan Wiroborang, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.


Kegiatan yang dipimpin Kasatbinmas AKP Retno Utami dan sejumlah anggota dimulai sejak pukul 09.00, Minggu (29/08/2021).

Satu per satu warga KTS Wirosecang, Kelurahan Wiroborang, diberi edukasi Aplikasi Peduli Lindungi agar bisa mengakses saat dibutuhkan dalam akses bepergian.

“Selain sosialisasi warga KTS Wirosecang tersebut, kita bantu juga untuk meng-install dan pengisian guna aktifasi aplikasi itu,” ucap Retno Utami.

Tak hanya itu, Retno Utami menyebut kegiatan dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di masyarakat, khususnya warga lingkungan KTS Wirosecang, Kelurahan Wiroborang.

baca juga :  Perketat Pengamanan Gereja

“Dengan aplikasi Peduli Lindungi yang ter-install di telepon selular, masyarakat yang belum atau sudah vaksin akan dapat diketahui datanya,” tandas kasatbinmas.

Dalam edukasinya, kasatbinmas juga menyebut bahwa pemantauan terhadap warga bisa lebih mudah dilakukan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

“Aplikasi Peduli Lindungi dapat digunakan di berbagai tempat maupun fasilitas umum. Sehingga dapat diskrining masyarakat yang sudah dan belum di vaksin,” ucap Retno Utami.

Terlebih lagi, Retno Utami meminta agar aplikasi Peduli Lindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

baca juga :  Perkuat Sinergitas, Kapolres Raden Muhammad Jauhari Sambangi Dandim

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.

“Bagi masyarakat yang belum mengunduh aplikasi Peduli Lindungi, diharapkan partisipasi guru dan pelajar untuk mengunduh dan memanfaatkan teknologi tersebut,” pintanya.

Menurutnya, Aplikasi Peduli Lindungi dapat membantu setiap warga melakukan surveilans kesehatan berupa penelusuran (tracing), pelacakan (tracking), dan pengurungan (fencing) terhadap masyarakat yang diduga mengidap Covid-19.

Melalui Aplikasi Peduli Lindungi, orang tersebut dapat diperiksa status vaksinasinya, hasil tes Covid-19 atau apakah ada kontak eratnya dengan pasien Covid-19.

baca juga :  Exit Tol Probolinggo Barat Titik Penyekatan Pemudik

“Diharapkan kepada masyarakat ikut berpartisipasi dalam memberikan edukasi kepada keluarga, teman maupun masyarakat yg lain untuk disiplin dengan mematuhi 6M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan mengingatkan orang lain untuk disiplin protokol kesehatan),” terang Retno Utami.

Meski demikian, Retno Utami mengaku dalam edukasi kali ini sebagai wujud nyata polisi dalam mendukung penerapan protokol kesehatan.

“Dibagikan juga masker, hand sanitizer kepada warga lingkungan KTS Wirosecang, Kelurahan Wiroborang agar tetep mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (mhd/fer)

baca juga

Warga Probolinggo Masih Bandel Tak Bermasker

Aziz Manna Memorandum

Warga Kanigaran Tewas Mengambang di Sungai Gladser

Aziz Manna Memorandum

Wakapolres Probolinggo Kota: Pertegas Penerapan Jaga Jarak

Aziz Manna Memorandum