Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

Tak Lakukan Perpanjangan Izin Tinggal, WN Malaysia Dipulangkan

Muhammad Khoirul (dua dari kiri) dikawal petugas Imigrasi Tanjung Perak menuju Bandara Internasional Juanda

Surabaya, Memorandum.co.id – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak mendeportasi (memulangkan) warga negara asing (WNA) asal Malaysia, Muhammad Khoirul Bin Ismail (16) karena melebihi batas waktu izin tinggal yang dimiliki, Selasa (4/5) pukul 06.00 WIB.

WN Malaysia tersebut dideportasi melalui Bandar Udara Internasional Juanda dengan penerbangan Air Asia QZ320 dengan tujuan akhir Kuala Lumpur, Malaysia.


Plt Kepala Kantor Imigrasi Tanjung Perak, Acan Hi Tulis menjelaskan, Muhammad Khoirul Bin Ismail dideportasi ke negaranya karena telah melanggar aturan izin tinggal keimigrasian.

baca juga :  Imigrasi Siapkan Pasal bagi Penjamin jika Terbukti Melindungi WNA Singapura yang Dideportasi

“Yang bersangkutan masuk ke Indonesia pada tanggal 13 Maret 2020 dengan menggunakan izin tinggal bebas visa kunjungan yang berlaku selama 30 hari. Namun yang bersangkutan tidak melakukan pengajuan visa baru untuk tinggal di Indonesia. Karena izin tinggal bebas visa kunjungan habis masa berlaku, harus dideportasi,” ujar Acan.

Acan mengungkapkan, setiap orang asing yang berada dan berkegiatan di Indonesia wajib memiliki izin tinggal yang sesuai dengan kegiatannya dan masih berlaku.

Di samping itu, WNA tersebut juga dikenakan sanksi berupa pencantuman namanya dalam daftar penangkalan orang asing dan dilarang memasuki Wilayah Indonesia.

baca juga :  Lebihi Izin Tinggal, Imigrasi Perak Deportasi Warga Inggris

Muhammad Khoirul Bin Ismail telah melakukan perbuatan pelanggaran keimigrasian sesuai dengan Pasal 78 ayat (3) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.(mik)

Reporter : Sujatmiko

baca juga

WNA Singapura yang Dideportasi Imigrasi Tanjung Perak Bukan Pelatih, Sempat Ngelamar Mekanik

Ferry Ardi Setiawan

Pelatih Basket Singapura Dideportasi Imigrasi Perak

Aziz Manna Memorandum

Overstay, WN Malaysia Dipulangkan Petugas Imigrasi Tanjung Perak

Aziz Manna Memorandum