Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Hukum Kriminal

Tak Patuh Prokes, 11 Remaja Dihukum Baca Surat Yasin di Mapolsek Pabean Cantikan

Para remaja yang diamankan disanksi dengan membaca Surat Yasin.

Surabaya, memorandum.co.id – Ketahuan tak mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan tak menggunakan masker, 11 pemuda terjaring operasi giat malam yang dilakukan Polsek Pabean Cantikan, Minggu (31/10/2021) dini hari.


Kapolsek Pabean Cantikan Kompol Hegy Renata menjelaskan bahwa giat ini merupakan bentuk untuk mengingatkan masyarakat bahwa pandemi Covid-19 belum selesai. Dalam giat ini mereka menyasar tempat – tempat nongkrong anak muda, tempat yang rawan tawuran dan lokasi yang biasa digunakan geng motor untuk berkumpul.

“Pandemi kan belum usai ini, kami harap masyarakat tetap waspada, tetap patuhi prokes. Ya saya berharap masyarakat tidak terlena,” kata Kompol Hegy.

baca juga :  Tekan Sebaran Covid-19, TNI di Lumajang Tingkatkan Disiplin Prokes Masyarakat

Ke 11 orang yang terjaring protokol kesehatan di Jalan Panggung lalu dibawa ke kantor Mapolsek Pabean Cantikan untuk dilakukan tes swab antigen. Beruntung, mereka semua dinyatakan non reaktif. “Tadi setelah tes memang non reaktif lalu kami suruh Yasinan dulu. Sebagai bentuk sanksi toh itu juga ibadah jadi kan baik,” Imbuhnya.

Selain melakukan giat malam, Polsek Pabean Cantikan juga melakukan vaksinasi di malam hari. Hal ini mereka lakukan untuk menjangkau masyarakat yang memang tidak memiliki waktu untuk vaksin di pagi dan siang hari.


“Kami lakukan vaksinasi malam untuk memperluas jangkauan, karena ini bentuk pengabdian kita juga agar pandemi ini cepat selesai. Dari 11 pelanggar yang terjaring, dua diantaranya belum vaksin sama sekali, kami vasilitasi vaksin,” ujarnya.

baca juga :  OZS 2021, Satlantas Polres Kediri Kota Sosialisasikan Prokes di Pasar Bandar

Salah satu pemuda yang terjaring, MI(17), asal Tambaksari, mengaku dirinya dibawa ke mapolsek lantaran tidak bermasker. “Memang saya yang salah, karena beraktifitas di luar tidak memakai masker,” terangnya.

MI saat itu juga memimpin pembacaan surat yasin menyebut bahwa kegiatan malam yang dilakukan Polsek Pabean Cantikan sangat positif. Selain untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19. Para pelanggar juga diberi saksi untuk membaca surat yasin.

“Setelah diswab, keluar haislnya negatif, lalu vaksin, dan mensucikan diri dengan berwudu kemudian disuruh baca surat yasin,” ungkapnya.

baca juga :  Tekan Sebaran Covid-19, TNI di Lumajang Tingkatkan Disiplin Prokes Masyarakat

Dari pantauan memorandum.co.id, Polsek Pabean Cantikan melakukan giat malam yang dipimpin Kapolsek Pabean Cantikan Kompol Hegy Renata dimula mulai pukul 21.00 WIB, Sabtu (30/10) dan selesai pada pukul 05.00 WIB Minggu (31/10). Dalam giat itu Kapolsek juga sempat membagikan masker kepada masyarakat. (alf)

Reporter : Alfin

baca juga

Wisata Dipadati Warga, Satlantas Polres Gresik Gencar Sosialisasikan Prokes

Ferry Ardi Setiawan

TNI-Polri Ranuyoso Rutin Sosialisasikan Disiplin Prokes kepada Masyarakat

Ferry Ardi Setiawan

TNI Lumajang Ajak Masyarakat Tingkatkan Disiplin Prokes

Syaifuddin