Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Malang Kabupaten

Tangani Covid-19, Bupati Malang Serahkan Sembako

Bupati Malang HM Sanusi menyerahkan bantuan sembako.

Malang, memorandum.co.id – Bupati Malang Drs HM Sanusi menyalurkan bantuan kepada masyarakat di Desa Jatirejoyoso, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Rabu (21/7/2021). Bantuan berupa 250 paket sembako, 5 ribu masker, 23 dos susu kemasan.

Paket sembako ini diserahkan secara langsung kepada Camat Kepanjen Eko Margianto Abai Saleh di safe house Desa Jatirejoyoso dan langsung didistribusikan pada 14 desa 4 kelurahan se-Kecamatan Kepanjen.


Bantuan yang diserahkan bupati ini berasal dari donatur untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 di Kecamatan Kepanjen. Ini sebagai bentuk kepedulian para pengusaha yang ada di Kabupaten Malang dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Usai penyerahan bantuan, Bupati Malang menyampaikan di wilayah Kabupaten Malang pada 33 kecamatan telah didirikan safe house. Setiap safe house bisa menampung antara 30-50 warga yang terpapar Covid-19 sesuai kemampuan pihak kecamatan.

“Seperti yang dilakukan Desa Jatirejoyoso ini menggunakan SDN setempat dan bisa menampung 50 orang,” jelasnya.

Keberadaan safe house di setiap kecamatan ini menurutnya sangat membantu layanan rumah sakit. “Karena semuanya sudah penuh dan jelas tidak mungkin dipaksakan. Mereka yang terpapar harus tetap lakukan isoman sambil menunggu perawatan dari rumah sakit,” terang Sanusi.

Sementara itu, Camat Kepanjen Eko Margianto menyampaikan, safe house tersebut dipakai untuk warga Kepanjen yang terpapar Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman).

“Terutama warga yang rumahnya tidak memungkinkan untuk dipakai isoman,” urainya.

Karena menurutnya tidak semua rumah warga yang terpapar Covid-19 bisa dipakai untuk isoman, maka mereka harus melakukan isoman pada safe house kecamatan agar tidak menimbulkan penyebaran Covid-19.

“Seperti saat ini warga yang sedang melakukan isoman di safe house ada lima orang dan salah satunya anak kecil,” kata Eko. (kid/ari/fer)

Reporter : Biro Arema