Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Lamongan

Tanggapi Dewan, Bupati Yes Apresiasi Pandangan Fraksi

Lamongan, memorandum.co.id – Setelah sebelumnya disampaikan Pandangan Umum Fraksi-Fraksi atas Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021 Kabupaten Lamongan, kali ini, Rabu (25/8) giliran Bupati Yuhronur Efendi menyampaikan jawabannya terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Lamongan di ruang rapat paripurna.

Pada kesempatan tersebut, Bupati yang akrab disapa Bupati Yes itu menyampaikan apresiasinya atas pandangan, optimisme dan pemahamannya dari fraksi-fraksi atas penyesuaian target Pendapatan Daerah Lamongan yang mengalami penurunan akibat dampak pandemi.


“Pemerintah menyampaikan terima kasih atas pandangan, optimisme dan pemahamannya Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Fraksi Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar), Fraksi Partai Persatuan Nasional Rakyat Indonesia (PNRI), Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) atas penyesuaian target Pendapatan Daerah Lamongan yang mengalami penurunan minus 0,90 persen sebagai akibat dampak pandemi covid-19 yang menyebabkan penurunan dan keterbatasan aktivitas ekonomi seluruh lapisan masyarakat yang selanjutnya berpengaruh bagi fiskal Pemerintah Kabupaten Lamongan,” tutur Bupati Yes.


Sebagaimana saran Fraksi PAN, Fraksi PNRI, dan Fraksi Gerindra mengenai strategi dalam optimalisasi pencapaian target pendapatan asli daerah, pemerintah daerah terus memperkuat basis perpajakan dengan meningkatkan kapasitas teknologi informasi, updating wajib pajak dan kegiatan sosialisasi sadar pajak secara intensif.

baca juga :  Kukuhkan 10 Cabor KONI, Bupati Lamongan Dukung Sport Tourism

Bupati Yes juga menanggapi tinjauan Fraksi PKB dan Fraksi PDIP terhadap hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, dapat disampaikan bahwa kami memahami penerimaan pada komponen ini mengalami kendala dan pelemahan sebagai dampak Covid-19. Namun secara berkala tetap akan dilakukan evaluasi, baik dari sisi regulasi maupun usaha, kegiatan yang telah dilakukan guna peningkatan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah ke depannya.

Sementara untuk belanja daerah di bidang yang menjadi prioritas APBD 2021 seperti bidang pendidikan, lanjut Bupati Yes, pemerintah daerah telah melakukan pengawasan secara optimal terkait dengan pelaksanaan pengalokasian anggaran untuk peningkatan sarana prasarana pendidikan utamanya untuk sarana pembelajaran berbasis elektronik begitu juga dengan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.

baca juga :  Laporan Pelaksanaan APBD Lamongan, Wujud Kinerja Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Daerah

Selain itu, Bupati Yes juga menyampaikan terima kasih atas apresiasi Fraksi PAN terhadap pengerukan waduk Jajong di wilayah Kecamatan Laren dan Solokuro. Hal itu tak lain sebagai pemenuhan kebutuhan air baku pertanian kepada masyarakat.

”Terima kasih atas apresiasinya dari Fraksi PAN berkaitan pengerukan waduk, yang di harapkan dapat menunjang produktifitas pertanian. Selain itu pada tahun anggaran 2021 Dinas PU Sumber Daya Air juga melakukan normalisasi sebanyak 15 daerah irigasi yang bersumber dari dana IPDMIP,” imbuhnya.

baca juga :  Kunjungi Lamongan, Wamendag Jerry Sambuaga Pastikan Optimalisasi SRG

Berkaitan dengan rincian komponen pada pembiayaan daerah sebagaimana tinjauan Fraksi PDIP, dapat disampaikan bahwa rincian SilPA tahun sebelumnya adalah berdasarkan pada Peraturan Daerah Kabupaten Lamongan Nomor 09 Tahun 2021 dan Peraturan Bupati Lamongan Nomor 37 Tahun 2021 Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Lamongan Tahun Anggaran 2020. Adapun terkait alokasi penerimaan dana bergulir yang ada di tahun anggaran 2021 tersebut merupakan penerimaan dari pengembalian dana bergulir tahun sebelumnya sesuai perjanjian yang telah disepakati.(*)

baca juga

YES Terus Upayakan Omset UMKM dan Jumlah Entrepreneur Lamongan Naik

Aziz Manna Memorandum

Vaksinasi Anak Usia SMP dan SMA di Lamongan Dimulai

Aziz Manna Memorandum

Tinjau Industri Rumahan Mie Lidi Sekaran, Bupati YES: UMKM Lamongan Siap Bangkit

Aziz Manna Memorandum