Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Metropolitan

Tanggul Kali Lamong Jebol, Komisi C Minta Pemkot Antisipasi Banjir

Pembangunan tanggul di Kali Lamong.

Surabaya, Memorandum.co.id – Memasuki musim penghujan, komisi C DPRD Surabaya mengingatkan Pemkot Surabaya untuk mengantisipasi genangan air di Surabaya. Di antaranya, revitalisasi tanggul Kali Lamong di Kelurahan Sumberrejo, Kecamatan Pakal, yang jebol

Ketua Komisi C, Baktiono mengatakan, revitalisasi tanggul Kali Lamong sebenarnya urusan Pemprov Jatim. Namun, karena tanggul Kali Lamongan juga masuk ke wilayah Surabaya, maka pemkot harus membenahi tanggul-tanggul Kali Lamong yang jebol. “Kami hanya mengingatkan Pemkot Surabaya soal antisipasi banjir, dengan memperbaiki tanggul Kali Lamong yang jebol,” ungkap dia, Rabu (13/11.


Dia menjelaskan, soal revitalisasi Kali Lamong, Pemkot Surabaya sebenarnya sudah melakukan beberapa kali revitalisasi Kali Lamong, namun tidak semuanya Pemkot Surabaya mencurahkan anggaran, pemikiran hanya untuk persoalan tanggul Kali Lamong.

baca juga :  Balongpanggang Diterjang Banjir, Polisi Bantu Evakuasi Warga

Baktiono menambahkan, soal revitalisasi tanggul Kali Lamong yang berada di wilayah Surabaya, pemkot  harus bersama-sama Pemprov Jatim memperbaiki tanggul Kali Lamong yang jebol di wilayah Surabaya Barat.

Dia mengakui, selama ini kontribusi Pemprov Jatim sangat kecil, dibanding yang dikerjakan oleh Pemkot Surabaya.  Misalnya, pemkot  menggelontorkan dana Rp 100 miliar untuk revitalisasi tanggul Kali Lamong, sementara pemprov Jatim paling hanya 1 persennya, atau  Rp 1 miliar. “Disparitasnya sangat jauh sekali, dan faktanya pemkot lebih banyak melakulan revitalisasi tanggul Kali Lamong.” ungkap dia. (dhi/lis)

baca juga :  Bocah Kelas 3 SD Tewas Tenggelam di Kali Lamong

 

baca juga

Warga Banjarangung Demo Alih Fungsi Lahan Bantaran Kali Lamong

Aziz Manna Memorandum

Usai Terendam Banjir, Puluhan Lubang Hiasi Jalan Raya Tambak Beras

Syaifuddin

Terkuak, Pelaku Curanmor yang Lompat Kali Lamong

Syaifuddin