Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Probolinggo

Tekan Kepanikan Warga, Polisi Edukasi Protokol Kesehatan di Musdes

Edukasi protokol kesehatan yang dilakukan Polsek Tongas Polres Probolinggo dalam Musyawarah Desa untuk pencegahan pandemi Covid-19 yang belum berakhir

Probolinggo, Memorandum.co.id – Sebagai upaya memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat khususnya di pedesaan, kedekatan Bhayangkara pembina keamanan masyarakat (Bhabinkamtibmas) dengan aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga binaan sangat berarti.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Tongas jajaran Polres Probolinggo Kota melakukan komunikasi sosial sekaligus gencar mengedukasi pencegahan Covid-19 di wilayah binaannya dalam Musyawarah Desa (Musdes) di Balai Desa Pamatan Kecanatan Tongas Kabupaten Probolinggo, Selasa (12/1/2021).


“Sosialisasi yang diberikan kepada warga binaan agar tidak panik dan tetap tenang dalam menghadapi wabah Covid-19, namun tetap mengikuti anjuran dari pemerintah terkait pencegahannya, utamakan selalu pakai masker kemanapun beraktifitas diluar rumah,” ujar Ps. Kanit Binmas Polsek Tongas, Aipda Wahyu.

baca juga :  Tiada Kompromi, Kapolres Jauhari Musnahkan Ratusan Knalpot Brong

Tak hanya itu, Wahyu juga mengedukasi masyarakat tentang kebijakan pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran pandemi covid-19 dengan menggunakan masker, social distancing, rajin mencuci tangan dengan sabun atau gunakan hand sanitizer.

Babhinkamtibmas pun harus selalu mengikuti perkembangan di wilayah binaannya, termasuk seperti saat merebaknya pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

“Sejalan dengan tugas Bhabinkamtibmas, pemantauan wilayah disaat pandemi, harus berperan aktif dalam mengedukasi, sosialisasi dan meneruskan informasi yang bersifat himbauan dari pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 kepada masyarakat di wilayah binaannya,” tandasnya.

baca juga :  Cek Kesiapan Personel BKO Pilkada Serentak, Kapolres Probolinggo Kota Gelar Apel

Sementara itu, Kapolsek Tongas Iptu Gendut Wijayanto mengatakan, pihaknya selalu memberikan semangat kepada para Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak di wilayah binaannya, terutama memberikan pemahaman kepada para perangkat desa dan tokoh masyarakat untuk selalu menerapkan protokoler kesehatan dan melarang meengadakan kegiatan yang dapat mendatangkan kerumunan serta senantiasa mengikuti arahan dari pemerintah untuk dilakukan vaksin tanpa ada penolakan.

“Perangkat desa dan tokoh masyarakat merupakan unsur terkecil yang sangat erat dengan masyarakat sehingga mudah untuk menyampaikan kebiajak-kebijakan Pemerintah atau himbauan prokes dari Polri,” tuturnya.

baca juga :  Tertibkan Warga Mokong, Polsek Wonomerto Operasi Yustisi

Menurutnya, peran para perangkat desa dan tokoh masyarakat sangatlah penting dalam menyampaikan aturan pemerintah tentang patuh terhadap protokoler kesehatan di masa pandemi.

“Kami tidak akan henti-hentinya memberikan himbauan dan edukasi kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokoler kesehatan serta mengikuti anjuran pemerintah dalam menjaga kesehatan masyarakat.” pungkas Gendut Wijayanto.(mhd)

baca juga

Warga Probolinggo Masih Bandel Tak Bermasker

Aziz Manna Memorandum

Warga Kanigaran Tewas Mengambang di Sungai Gladser

Aziz Manna Memorandum

Wakapolres Probolinggo Kota: Pertegas Penerapan Jaga Jarak

Aziz Manna Memorandum