Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Probolinggo

Tes Genose Perdana di Stasiun Probolinggo, Surat Keterangan Berlaku 3 Hari

Vice President KAI Daop 9 Jember, Broer Rizal melihat langsung calon penumpang yang melakukan tes Genose di Satasiun KAI Probolinggo.

Probolinggo, Memorandum.co.id – Calon penumpang kereta api jarak jauh mengikuti pemeriksaan sampel napas GeNose C19 di Stasiun Probolinggo.

Mulai 30 Maret 2021, PT KAI (Persero) Daerah Operasi 9 Jember menyediakan layanan pemeriksaan sebagai syarat untuk naik kereta api jarak jauh.


Pemeriksaan perdana sampel napas GeNose C19 di Stasiun Probolinggo langsung dihadiri oleh Vice President KAI Daop 9 Jember, Broer Rizal, di dampingi Manager Angkutan dan Fasilitas, Sigit Setiyadi, Assistant Manager Humas, Radhitya Mardika, dan Kepala Stasiun Probolinggo, Andri Puji.

“Hasil pemeriksaan dengan menggunakan alat itu menjadi syarat bagi penumpang untuk melanjutkan atau tidak perjalanannya dengan kereta api jarak jauh. Jika hasilnya reaktif, penumpang tidak boleh melakukan perjalanan,” ujar Vice President KAI Daop 9 Jember, Broer Rizal, Selasa (30/3/2021).

baca juga :  LBH Perjuangkan Lahan Warga Wonokromo

Broer Rizal mengatakan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember kembali menambah 2 stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 mulai 30 Maret 2021. Dua stasiun tersebut yaitu Stasiun Probolinggo dan Stasiun Kalisetail. Penambahan tersebut merupakan Sinergi BUMN antara KAI dan Indofarma melalui anak usahanya Farmalab.

“Calon penumpang melakukan pemeriksaan menggunakan GeNose C19 paling tidak tiga hari sebelum melakukan perjalanan. H-3, sehingga untuk tes hari ini bisa untuk berangkat besok. Untuk tes kemarin bisa untuk hari ini dan besok,”tandasnya.

Menurutnya, dengan adanya penambahan ini, jumlah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 di wilayah Daerah Operasi 9 Jember menjadi 4 stasiun. Sebelumnya, terdapat 2 stasiun yang telah melayani pemeriksaan GeNose C19 yaitu Stasiun Jember dan Stasiun Ketapang.

“Penambahan secara bertahap dari 2 stasiun pada awal bulan Maret hingga 4 stasiun pada akhir Maret ini merupakan komitmen KAI dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan untuk memenuhi syarat bepergian dengan Kereta Api pada masa pandemi Covid-19” ucap Broer Rizal.

baca juga :  PT KAI Wajibkan Penumpang Jalani Rapid Test

Lebih jauh, Broer Rizal menambahkan, Kereta Api menjadi moda yang paling awal menerapkan pemeriksaan GeNose C19. Hingga 28 Maret 2021, KAI Daop 9 Jember telah melayani 3.910 peserta pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun.

“Masyarakat sangat antusias akan produk buatan Indonesia ini. Hal tersebut dikarenakan proses yang mudah, cepat, nyaman, dan harganya terjangkau,” tuturnya.

Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas dan dikenai biaya pemeriksaan GeNose sebesar Rp 30 ribu, serta tidak boleh merokok, makan, minum kecuali air mineral selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

baca juga :  Bangunan Pasar Turi III Dibiarkan, Dewan Minta Pemkot Membongkar

“Hasil pemeriksaan GeNose C19 di 4 stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA Jarak Jauh,” terang Broer Rizal.

Info selengkapnya terkait pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun, lanjut Broer Rizal, pelanggan dapat menghubungi Customer Service, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

“Dengan semakin banyaknya stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini, diharapkan dapat mendukung kebutuhan masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah,” pungkasnya (mhd)

baca juga

Stasiun Jombang Layani Pemeriksaan GeNose C19

Aziz Manna Memorandum

Sasar Kaum Milenial, KAI Hadirkan Esports Exhibition

Syaifuddin

PT KAI Wajibkan Penumpang Jalani Rapid Test

Aziz Manna Memorandum