Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Lumajang

Tim Kuro Gagalkan Aksi Komplotan Curanmor

Anggota gabungan Satreskrim Polres Lumajang dan Unit Reskrim Polsek Sumbersuko menginterogasi tersangka

Lumajang, Memorandum.co.id – Anggota gabungan Satreskrim Polres Lumajang dan unit Reskrim Polsek Sumbersuko menggagalkan aksi curanmor di Dusun Krajan, Desa Sentul, Kecamatan Sumbersuko, Kamis (19/11) dinihari. Tersangka yang diamankan yakni Asep Sunandar (22), warga Jalan Dusun Kauman, Desa Mlawang, Kecamatan Klakah.


Sementara itu, dua teman tersangka masing-masing Imam Mustofa Pratama (20), warga Dusun Nangkaan, Desa Ranu Pakis, Kecamatan Klakah dan Yoyok Kurniawan (24), warga warga Dusun Wringin, Desa Ranu Bedali, Kecamatan Ranuyoso. Keduanya saat ini masih berstatus saksi.


Dari tangan tersangka, petugas mengamankan sebilah senjata tajam (sajam), jenis celurit beserta bungkusnya. Selain itu, turut diamankan jaket bermotif doreng serupa dengan milik anggota tentara dan kunci T. “Dua orang sementara masih saksi. Akan kami periksa lebih lanjut,” kata Kasatreskrim Polres Lumajang AKP Masykur.

baca juga :  Kapolres Lumajang Takziah ke Rumah Duka Ipda Catur Budi Baskara

Masykur menjelaskan, aksi percobaan pencurian itu bermula sekitar pukul 00.30. Saat itu, tersangka berangkat dengan mengendarai motor bersama dua saksi. Tersangka juga sudah menyelipkan sebilah celurit tersebut di balik jaket doreng miliknya. “Tersangka menyelipkan celurit itu di pinggang sebelah kiri,” lanjut Masykur.

Tersangka dan temannya, lanjut Masykur, mencari sasaran di sekitar Dusun Krajan. Mereka mengincar motor yang terparkir di depan toko maupun rumah di pinggir jalan. Saat melintas di sebuah toko, mereka mendapati motor terparkir di lorong toko tersebut. Mereka berbagi tugas. Asep saat itu berperan sebagai eksekutor.

baca juga :  Kapolres Lumajang Gandeng Forkopimda Pantau Pilkades Serentak

Saat mendekati motor sasaran, aksi tersangka tepergok Muari Agustian, warga sekitar. Muari kemudian berteriak maling hingga mengundang perhatian warga lain. “Saksi (Muari, red), kemudian melaporkan peristiwa tersebut ke anggota Polsek Sumbersuko,” tandas Masykur.

Setelah berkordinasi dengan Tim Kuro Satreskrim Polres Lumajang, petugas datang dan mengamankan tersangka. Dari hasil introgasi, Asep mengakui jika hendak mencuri motor di lokasi. “Ya benar pak mau ambil motor, tapi terlebih dulu ketahuan,” aku Asep.(ani)

Reporter : Biro Lumajang

baca juga

Warga Kedungjajang Ditemukan Tewas Bersimbah Darah

Agus Supriyadi

Wakapolres Pimpin Pemeriksaan Kelayakan Senpi

Agus Supriyadi

Wakapolda Jatim Terbantu Netizen Melawan Hoax

Ferry Ardi Setiawan