Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Madura

Tim Labfor Polda Ungkap Penyebab Korsleting RSUD Syamrabu

Kebakaran di RSUD Syamrabu pada Senin (6/1) lalu.

Bangkalan, memorandum.co.id – Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra SIK MSi MH memastikan bahwa penyebab kebakaran di RSUD Syamrabu , Senin (6/1) lalu karena korsleting di boks kabel listrik yang menyatu dengan hydrant di gedung lantai dua.

“Dari titik itu awal percikan api bermula. Begitu kesimpulan dari hasil pemeriksaan tim Labfor Polda Jatim,” kata Rama, sapaan akrab Kapolres, Rabu (15/1).

Akibat suhu panas, isolasi saluran kabel dalam boks meleleh dan percikan api terus menjalar ke atas. Sesampainya di lubang ventilasi gedung lantai dua, percikan api akibat kebocoran arus lisrik itu, kemudian menjalar ke  beberapa media yang mudah terbakar. Seperti kayu, plafon, plastik dan lainnya sehingga kebakaran.

baca juga :  Polres Bangkalan Sebar 5 Ton Beras dan 1.000 Paket Sembako untuk Gakin

Kepulan asap hitam sempat membubung ke udara dari gedung lantai IV.  Realita itu sempat membuat para pasien rawat jalan yang bejubel di lantai dasar panik. Juga para pendamping pasien rawat inap di gedung ruang tunggu di halaman RSUD.

Tidak hanya itu, proses layanan kepada pasien di beberapa poli yang operasional kerjanya aliran listrik, seperti poli gigi dan poli spesialis mata, misalnya, sempat ngadat. Sebab seluruh jaringan dan instalasi listrik di rumah sakit pelat merah kelolaan Pemkab itu dipadamkan total.

baca juga :  Siraman Paket Sembako Polres Bangkalan untuk Kaum Disabilitas

Beruntung, sejumlah karyawan RSUD Syamrabu di lantai dua, dibantu beberapa personal tim reaksi cepat (TRC) BPBD dan anggota Polres Bangkalan di Jalan Pemuda Kaffa, segera bertindak menggunakan tabung gas pemadam kebakaran hingga mampu dijinakkan.

Menjawab pertanyaan berapa estimasi  kerugian yang RSUD Syamrabu pascakebakaran, Rama menolak berkomentar.” Lhohh…kalau soal kerugian,  ya coba  saja tanya ke manajemen RSUD Syamrabu, sebab tugas tim labfor tidak untuk menghitung jumlah kerugiaan,” pungkas Rama. (ras/fer)

baca juga

Water Canon Semprot Disinfektan Jalan Perkotaan Bangkalan

Agus Supriyadi

Wakapolres Bangga dengan Perkembangan Pencak Silat di Bangkalan

Ferry Ardi Setiawan

Viral di Medsos, Edukasi Protokol Kesehatan Ala Akting Brigpol Vicky Hartinanda Muin

Ferry Ardi Setiawan