Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Lumajang

Timbulkan Kerumunan Warga, Hajatan di Desa Lempeni Dibubarkan Aparat

Aparat kepolisian membubarkan hiburan hajatan warga.

Lumajang, memorandum.co.id – Dinilai melanggar aturan protokol kesehatan, acara hajatan warga di Desa Lempeni, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, dibubarkan paksa oleh aparat, Senin(11/1/2021) malam.

Hal tersebut dibenarkan Kapolsek Tempeh Iptu Lugito. Bersama beberapa personel Polsek Tempeh, kapolsek mendatangi area hajatan yang dinilai menyebabkan kerumunan massa.


Kapolsek menyampaikan, bahwa pihaknya mendapat informasi dari warga terdapat kegiatan masyarakat yang menggelar hajatan dengan menampilkan kesenian rakyat “kuda kencak”. Hal tersebut dinilai bisa mengundang antusias warga untuk menontonnya.

Sehingga terindikasi menimbulkan kerumunan massa dalam jumlah besar. Dan sangat memungkinkan terjadi pelanggaran protokol kesehatan apalagi kegiatan tersebut tidak mengantongi izin dari pihak berwenang.

baca juga :  Geram Dituduh Mata-mata Polisi, Warga Tempeh Lor Bacok Tetangga hingga Tewas

“Seandainya ada pengajuan izin, kita tidak akan berikan izin karena semua kegiatan yang sifatnya bisa menyebabkan kerumunan massa dilarang. Hal ini sebagai langkah antisipasi munculnya klaster baru dalam penyebaran virus corona” terangnya.

Selain itu, Lugito menjelaskan, bahwa dalam rangka cegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Tempeh, maka setiap anggota Polri wajib untuk membubarkan kerumunan warga sebagaimana dimaksud dalam Maklumat Kapolri nomor Mak/4/XII/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan.

Langkah aparat untuk membubarkan acara tidak mendapat penolakan dari tuan rumah. Tuan rumah menerima dan menyadari bahwa kegiatan yang dilaksanakan melanggar protokol kesehatan. (ani/fer)

baca juga :  Cegah Klaster Baru di Sektor Industri, Kapolres Kunjungi Pabrik Kayu di Lumajang
Reporter : Biro Lumajang

baca juga

Tingkatkan Kewaspadaan Kamtibmas, Polsek Tempeh Beri Bimbingan SKD

Ferry Ardi Setiawan

Polsek Tempeh Bagikan Beras ke Warga Terdampak Covid-19

Aziz Manna Memorandum

Karyawan PT Mustikatama Tewas Tersetrum

Aris Setyoadji