Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

Tingkat Kesembuhan Tinggi, 1.101 Bed Khusus Pasien Covid-19 Kosong

Pasien Covid-19 yang sembuh dan pulang ke rumah masing-masing

Surabaya, memorandum.co.id – Sebanyak 1.101 bed yang disediakan untuk pasien Covid-19 di Kota Surabaya kosong atau tak terisi. Sebab, pasien Covid-19 sudah banyak yang sembuh.


Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengakui, bed atau tempat tidur khusus pasien Covid-19 banyak yang kosong. Kondisi itu tampak tidak hanya di Hotel Asrama Haji, namun juga di semua rumah sakit yang dipersiapkan untuk menangani Covid-19 di Kota Pahlawan.


“Berdasarkan data Kamis (17/9), jumlah bed yang kosong mencapai 1.101. Jumlah itu dihitung dari semua bed atau tempat tidur di rumah sakit se-Kota Surabaya. Jumlah ini terus kami update secara berkala,” kata Feny, sapaan Febria Rachmanita, Jumat (18/9/2020).

baca juga :  Terima Keluhan Warga, Ajeng Ingatkan Bansos Pemkot Jangan Salah Sasaran

Selain itu, untuk ventilator mekanik yang saat ini siap digunakan sebanyak 68 ventilator. Sementara itu, untuk ketersediaan tempat tidur di ruang ICU dengan ventilator berjumlah 50 tempat tidur.

“Biasanya pasien-pasien yang menempati ruang ICU dengan ventilator itu adalah mereka yang memiliki komorbid (penyakit penyerta),” papar dia.

Sedangkan untuk ketersediaan tempat tidur di ruang tekanan negatif dengan ventilator yang masih available berjumlah 22 ruangan. Menurutnya, ketersediaan bed yang banyak itu membuktikan bahwa tingkat kesembuhan di Kota Surabaya sangat tinggi.

baca juga :  Dokter RS Haji Surabaya Meninggal Terpapar Covid-19

“Setiap hari terus kami pantau perkembangannya. Alhamdhulillah banyak pasien yang pulang dari rumah sakit, sehingga banyak bed yang kosong,” ujarnya.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan, pasien yang menjalani isolasi perawatan di hotel saat ini sudah tidak ada. Karena sudah kosong, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana menghentikan isolasi pasien di hotel.

Risma mengungkapkan, biasanya sampai empat hotel di Surabaya yang digunakan sebagai tempat isolasi pasien. Pada Rabu (16/9) kemarin, hanya tinggal 4 pasien yang masih menjalani perawatan isolasi di hotel.

baca juga :  Video : Ini Cara Bonek Lawan Corona

“Kemarinnya tinggal empat pasien dan kami percepat swab-nya hasilnya dia bisa keluar sehingga hotel saat ini kosong sudah dua hari ini kita tidak manfaatkan,” ujarnya. (udi)

Reporter : Syaifuddin

baca juga

Waspada Corona, Babinsa Koramil Gubeng Blusukan Permukiman Baratajaya

Aziz Manna Memorandum

Warga Krembangan Jalani Rapid Test Massal

Aziz Manna Memorandum

Video : Wali Kota Surabaya Tri Risma Kampanyekan Pencegahan Covid-19 Pakai Bahasa Madura

Agus Supriyadi