Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Sidoarjo

Tingkatkan Pengawasan Orang Asing, Timpora Bandara Antisipasi Gangguan Keamanan dan Ketertiban

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya Is Edy Ekoputranto.

Sidoarjo, Memorandum.co.id – Guna meningkatan pengawasan terhadap orang asing yang berada di Indonesia, khususnya Provinsi Jawa Timur, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Keimigrasian (TPI) Surabaya menggelar rapat koordinasi pengawasan orang asing (Pora) Bandara Internasional Juanda bersama perwakilan pemangku kebijakan (stakeholder).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Is Edy Ekoputranto menyampaikan, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) harus tetap menjalankan tugas walaupun sedang berada di tengah pandemi.


“Pengawasan orang asing ini sangat diperlukan guna mengantisipasi hal-hal yang sifatnya mengganggu keamanan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara dan sebagai upaya penegakan hukum,” ujar Is Eko, Selasa (6/4).

baca juga :  Semarakkan HDKD 2020, Kanimsus Surabaya Junjung Sportivitas Perlombaan

Lanjutnya, dengan adanya rapat koordinasi ini diharapkan dapat menjadi suatu wadah komunikasi, koordinasi dan tukar menukar informasi guna meningkatkan pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing di Bandara Internasional Juanda.Sehingga pengawasan dapat berjalan optimal demi menjaga keamanan (security) dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sejalan dengan semangat WoG (Whole of Government) Tim PORA Bandara Internasional Juanda ini
dibentuk dengan maksud agar tercipta bukan hanya koordinasi namun kolaborasi yang harmonis antar instansi dalam mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan orang asing dan upaya penanganannya” tandas mantan Kakanim Jakarta Pusat ini.

baca juga :  Komisi III Apresiasi Layanan Ambil  Paspor "Langsung Pamit” Imigrasi Surabaya

Ia mengungkapkan, rapat koordinasi pengawasan orang asing ini merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya digunakan sebagai wadah tukar menukar informasi, namun juga dapat dijadikan wadah untuk membahas segala permasalahan yang berkaitan dengan orang asing yang terjadi khususnya di wilayah Bandara Internasional Juanda.

Sementara itu, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya Fajar menyampaikan laporan selaku ketua panitia kegiatan rapat koordinasi.

“Bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan sinergisitas, komunikasi, koordinasi dan tukar menukar informasi guna pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing di Bandara Internasional Juanda dapat semakin terjalin dengan baik,” bebernya.

baca juga :  Izin Tinggal Kedaluarsa, Imigrasi Surabaya Deportasi WNA Turki

Lanjutnya, rakor tersebut fokus pada evaluasi dan koordinasi terkait isu-isu dan masalah yang mungkin dihadapi saat ini khususnya dalam hal pengawasan orang asing di Bandara Internasional Juanda.(mik)

Reporter : Sujatmiko

baca juga

Semarakkan HDKD 2020, Kanimsus Surabaya Junjung Sportivitas Perlombaan

Aziz Manna Memorandum

Sambut Hari Bhakti Imigrasi, Kanim Surabaya Panjatkan Doa Bersama Anak Yatim Piatu

Aziz Manna Memorandum

Komisi III Apresiasi Layanan Ambil  Paspor “Langsung Pamit” Imigrasi Surabaya

Ferry Ardi Setiawan