Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Kediri

Tingkatkan Produksi Pertanian, Mas Bup Dhito Bantu Peralatan

Kediri, memorandum.co.id – Untuk meningkatkan produksi pertanian di wilayah Kabupaten Kediri, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana atau yang akrab disapa Mas Bup Dhito memberikan bantuan alat produksi pertanian pada Kelompok Tani (Poktan) dan Gabungn Kelompok Tani (Gapoktan) di Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri, Senin (23/8/2021) kemarin.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari bentuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sesuai arahan dari Presiden RI Joko Widodo, yang salah satunya untuk membantu dan menunjang dampak pandemi Covid-19 berkepanjangan utamanya pada sektor pertanian.


“Bahwa sarana bantuan produksi pertanian ini sudah di rencanakan 5 bulan yang lalu, dan baru hari ini bisa terealisasi.Dalam situasi pandemi covid-19 peran petani sangat besar karena petani adalah sumber pangan. Dan untuk Kabupaten Kediri sendiri di masa Pandemi pada sektor Pertanian tidak terlalu terdampak, karena apa yang ditanam merupakan kebutuhan pokok masyarakat,” ujar Mas Bup.

baca juga :  Mas Bup Sambang Desa, Tinjau Pengelolaan Parkir RSKK Pare

Sambung Mas Bup, pemerintah daerah akan berkoordinasi dengan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai), yang nantinya bagaimana keluhan petani akan kesulitan air bisa teratasi dengan pembuatan DAM Kembangan di Desa akan direvitalisasi dan akan bermanfaat.

”Sedangkan untuk pembangunan balai pertanian dalam waktu dekat akan segera kita bangunkan. Dan untuk pengembangan biji Kopi yang ada di wilayah Mojo nanti akan ada kerjasama dengan pihak swasta seperti Gudang Garam yang saya harap dapat mengembangkan pertanian Kopi di Barat Sungai,” paparnya.

Ditambahkan Mas Bup, nantinya akan ada bantuan-bantuan lain untuk masyarakat yang sifatnya tidak berbentuk alat.

baca juga :  Kapolres Kediri Bersama Forkopimda Pantau Vaksinasi Door to Door oleh BIN

“Bantuan itu bisa berupa lapak pedagang kaki lima (PKL), agar mereka dapat tetap berjualan di tengah pandemi. Lapak itu rencananya akan dibangun di Simpang Lima Gumul,” pungkas Mas Bup.

Sementara itu di penghujung acara Mas Bup didampingi Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri Anang Widodo secara simbolis menyerahkan bantuan sarana produksi pertanian seperti traktor, alat pompa air, alat pengolah pupuk organik serta benih holtikultura kepada perwakilan kelompok tani. (Kom/mis)

Reporter : Biro Kediri

baca juga

Tuntut Kenaikan Tunjangan, BPD Demo Pemkab dan DPRD Kabupaten Kediri

Aziz Manna Memorandum

Siaga Darurat Bencana Corona, Pemkab Kediri Batalkan Acara Puncak HUT

Aziz Manna Memorandum

Sambut Bulan Bung Karno, Pemkab Kediri Gelar Seni Budaya 2021

Aziz Manna Memorandum