Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Polres Tanjung Perak

Tinjau RPH, Wagub Beserta Rombongan Pastikan Penyembelihan Hewan Kurban Dilakukan Prokes

Kunjungan Wagub Jatim bersama Kakorpolairud Hum Baharkam Polri, Kakor Sabhara Baharkam Polri, Dirbinpolmas Korbinmas Polri, serta Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak.

Surabaya, memorandum.co.id – Imbauan Kementerian Agama (Kemenag) agar melaksanakan penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dilakukan oleh pengurus masjid. RPH Pegirian yang biasanya sepi, hari ini saat Iduladha sibuk melakukan penyembelihan.

Wakil Gubernur (Wagub) Jatim Emil Elistianto Dardak bersama Kakorpolairud Hum Baharkam Polri, Kakor Sabhara Baharkam Polri, Dirbinpolmas Korbinmas Polri, serta Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum meninjau langsung ke lokasi.


Peninjauan ini dilakukan untuk melihat langsung proses penyembelihan hewan kurban dan kebersihan lokasi penyembelihan hewan kurban di sana.

baca juga :  Kapolresta Sidoarjo Door to Door Bagikan Daging Kurban kepada Warga

Kedatangan rombongan ini disambut Direktur RPH Pegirian yang menunjukkan tata cara penyembelihan sampai semua proses dan tahapan yang telah menerapkan aturan protokol kesehatan (prokes).

Sehingga saat diterima masyarakat daging benar-benar aman dari penyebaran Covid-19 dan halal.
Saat itu rombongan berkeliling dan memantau kegiatan yang dilakukan oleh para pekerja di RPH.

“Saya berterima kasih RPH Pegirian melaksanakan penyembelihan dengan tetap melaksanakan prokes. Apalagi setiap hari banyak orang berkumpul menyembelih hewan di sini,” kata Emil Dardak, Selasa (20/7/2021).

baca juga :  Berkah Iduladha, Keluarga Rahmat Muhajirin Sumbang 8 Sapi dan 2 Kambing

Sementara itu, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum yang ikut mendampingi mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk memastikan prokes tetap dijaga saat penyembelihan. Sebelumnya, ada 30 tempat penyembelihan. Namun, karena harus sesuai prokes maka hanya 10 tempat yang digunakan.

“Alhamdulillah semua taat prokes. Jagal pun menggunakan masker dan jarak juga diatur, sehingga semuanya berjalan sesuai penerapan prokes,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, selain menjaga jarak saat menyembelih hewan, ada pula dokter yang terus mendampingi. Dokter hewan ini memeriksa langsung kesehatan hewan yang hendak disembelih. Ini untuk memastikan daging yang dikonsumsi masyarakat dalam kondisi baik.

baca juga :  Pastikan Kesehatan Hewan Kurban, Tim DKPP Periksa Sejak Minggu Lalu

“Tempat juga bersih, jadi dipastikan daging dari RPH ini selain halal juga sehat dan higienis,” terangnya. (alf/fer)

Reporter : Alfin

baca juga

Reni Astuti: Iduladha Momen Mengokohkan Kepedulian dan Kepahlawanan Sosial

Syaifuddin

Rayakan Iduladha, Polresta Sidoarjo Salurkan Hewan Kurban

Aris Setyoadji

Polres Mojokerto Sembelih 34 Hewan Kurban

Aris Setyoadji