Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Polres Gresik

Tips dan Trik Kapolres Gresik Agar Maling Motor Gigit Jari

Kapolres Gresik, AKBP Arief Fitrianto

Gresik, memorandum.co.id – Masih banyak di antara para pengendara kurang memperhatikan keamanan barang pribadinya, terutama kendaraan bermotor roda dua. Hal ini terbukti dengan masih adanya aksi pencurian sepeda motor (Curanmor) di wilayah hukum Polres Gresik.

Kapolres Gresik, AKBP Arief Fitrianto mengerahkan anggotanya melakukan berbagai upaya demi menjaga keamanan dan kenyamanan.


“Tentu ini tidak akan berhasil jika tidak didukung masyarakat itu sendiri. Kesadaran akan keamanan barang pribadi menjadi tanggung jawab kita bersama. Rumusnya, kejahatan tidak akan terjadi kalau tidak ada kesempatan, ucap Alumni Akpol 2001 tersebut, Sabtu (3/4/2021).


Untuk itu, guna mengantisipasi aksi maling motor, Kapolres Gresik memberikan tips khusus untuk mengantisipasi Curanmor di antaranya adalah:

baca juga :  Tim Gabungan TNI-Polri di Gresik Jalani Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Covid-19

1. Parkir di tempat yang aman. Jangan parkir di tempat yang sepi atau tempat yang tidak ada petugas parkirnya.

2. Jangan tinggalkan kunci di sepeda motor dan surat-surat penting lainnya di dalam jok motor. Sering dijumpai beberapa pengendara masih ada yang meninggalkan SIM dan STNK di dalam jok kendaraan. Hal ini sangat tidak dianjurkan, mengingat akan bahayanya jika motor tersebut sampai raib.

3. Kunci setang ke kanan agar menyulitkan pelaku karena lubang kunci tertutup setang.

baca juga :  Bhayangkari Gresik Salurkan Bantuan Ramah Perempuan dan Anak

4. Tambahkan kunci ganda atau kunci rahasia. Bila perlu tambahkan gembok khusus rem cakram roda depan motor. Ingat, jangan sampai lupa digembok sebelum terlelap dibuai mimpi maupun saat parkir.

5. Tutup kunci magnet segera setelah memarkir motor. Hal ini sangat dianjurkan guna mempersempit pelaku untuk membuka stop kontak kendaraan.

6. Bagi yang tinggal di rumah, kos, kontrakan, warnet, atau bertamu, usahakan motor diparkir di dalam rumah atau tempat yang dapat dipantau.

“Diharapkan tips ini dapat berguna bagi masyarakat, mempersempit ruang gerak pelaku dan menurunkan angka Curanmor di wilayah hukum Polres Gresik,” tambah Arief.(and/har)

baca juga :  Jelang Ramadan, Polres Gresik Sukseskan Operasi Keselamatan Semeru 2021
Reporter : Biro Pantura

baca juga

Zoom Meeting Bareng Mendagri Jelang Cuti Bersama, Wakapolres Gresik Diminta Antisipasi Persebaran Covid-19

Agus Supriyadi

Ziarah Makam Kanjeng Sepuh Sidayu, Kapolres Gresik Imbau Protokol Kesehatan

Ferry Ardi Setiawan

Wujudkan Gresik Aman-Kondusif, Forkopimda Gelar Deklarasi Anti Anarkis

Agus Supriyadi