Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Jember

Tulis Wasiat Sebelum Tewas, Jasadnya Ditemukan Mengapung di Pantai Talangsari

Surat Wasiat yang ditulis korban sebelum meninggalkan rumah

Jember, Memorandum.co.id – Misteri mayat perempuan tanpa identitas yang ditemukan mengambang oleh seorang pemancing, di Pantai Talangsari, Dusun Panggul Melati, desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas, terkuak.

Korban yang kini diketahui bernama Rohatul Hasanah, umur 31 tahun itu merupakan warga Kecamatan Kencong Jember. Dugaan sementara adalah korban bunuh diri.


Hal ini dikuatkan atas ditemukanya sebuah tulisan tangan bertinta hitam di secarik kertas berwarna putih oleh keluarga korban. Kertas tersebut diduga berisi tulisan korban yang ditulis sebelum meninggal.

Tulisan berisi pesan atau wasiat berbunyi, “Lek goleki aku nang segoro Kidul yah, palingo aku wes mati ” (bila mencari saya di pantai Laut Selatan Yah, kemungkinan saya ditemukan sudah meninggal dunia).

Kapolsek Gumukmas Iptu Subagio dikonfirmasi awak media di kantornya membenarkan dugaan sementara korban meninggal akibat bunuh diri yang berdasarkan bukti yang ada yakni secarik kertas wasiat tersebut.

baca juga :  Wanita Tanpa Identitas Ditemukan Tewas Mengapung di Kali Jagir

“Sehubungan dengan penemuan mayat ini, setelah identifikasi selesai mau dibawa ke Jember, ternyata keluarganya datang dan membawa KTP dan bukti-bukti yang lain bahwa betul adanya jika keluarganya mereka, ”kata Subagio.

Ia mengungkapkan, korban meninggalkan suami dan satu balita yang masih berumur 4 bulan. Menurut keterangan pihak keluarga bahwa korban ini sering mengalami stres atau depresi. Sehingga terkadang mereka pergi tanpa pamit dan pulangnya pun tidak pernah bilang kepada suami.

“Motif sementara belum diketahui dan untuk benda-benda yang mengakibatkan ke arah penganiayaan sementara belum ada, ” terangnya.

baca juga :  Wanita Tanpa Identitas Ditemukan Tewas Mengapung di Kali Jagir
Wisono (baju kotak-kotak) Jemput korban di Puskesmas Gumuhmas

Terkuaknya identitas korban, tidak lama diketahui oleh keluarga korban Saat hendak perjalanan menuju RSD dr Soebandi Jember, namun diurungkan berangkat dari Puskesmas Gumuhmas, ada keluarga dengan membawa identitas korban.

“Korban dengan ciri-ciri, kulit kuning langsat, rambut ikal sebahu, memakai kaos berwarna ungu, celana panjang berwarna hitam dan celana dalam berwarna putih motif kembang, meninggal karena bunuh diri,”jelas Arif Solehan KBO Reskrim Polres Jember.

Korban sering mengalami stres dan depresi lanjut Arif Solehan, keluarga telah menemukan surat tulisan tangan korban sebelum meninggalkan rumah kediaman sebagai barang bukti.

Sementara Kakak ipar korban Susanto, mengaku tak menyangka bila jasad yang ditemukan di Pantai Talangsari Jember adalah adik iparnya Rohatul Khasanah.

baca juga :  Wanita Tanpa Identitas Ditemukan Tewas Mengapung di Kali Jagir

“Saya tahu dari postingan di Facebook dan saya langsung mencari tahu dimana sekarang jenazah Ipar saya tersebut,” ujar Susanto, pada Selasa siang.

Sebelumnya sang suami Wisono, sudah mencari kemana-mana dengan ketidakdatangan sang istri setelah permisi mau keluar rumah pagi. Selama ini korban tidak mengalami masalah apapun termasuk dengan suaminya.

Wisono suami korban mengungkapkan, terakhir kali istrinya pamit keluar rumah. Namun dirinya tidak menyangka pamitnya sang istri menjadi pertemuan terakhirnya dengan Rohatul Khasanah.

“Saya subuh dipamiti dan dibangunkan oleh istri saya pak, dan dia bilang mau keluar rumah itu saja. memang agak aneh dalam beberapa hari ini dan tidak menyangka akan jadi seperti ini,” kenang suami korban. (edy)

Reporter : Biro Jember

baca juga

Wanita Tanpa Identitas Ditemukan Tewas Mengapung di Kali Jagir

Agus Supriyadi