Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Pendidikan

Unesa Jadi Mitra Access Program untuk Membangun Pendidikan Bangsa

Perwakilan siswa-siswi yang terpilih mengikuti Access Program.

Surabaya, memorandum.co.id – Unesa terus mengeluarkan sejumlah terobosan dalam rangka pembangunan pendidikan bangsa sebagai wujud implementasi dari Perguruan Tinggi LPTK (Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan).

Berbagai inovasi telah diluncurkan dalam bidang pendidikan maupun rancangan kerjasama dengan berbagai pihak. Seperti yang dilaksanakan pada hari ini, Senin  (15/2/2021), Unesa kembali bekerja sama dengan RELO Kedutaan Besar Amerika Serikat melalui pelaksanaan Access Program (Access Microscholarship Program) periode tahun 2020-2022.


“Atas nama institusi, kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya sehingga Unesa dapat menjadi mitra pelaksana Access Program. Semua ini menjadi wujud komitmen Unesa dalam membangun bangsa, khususnya generasi bangsa melalui penyelenggaraan layanan pendidikan yang berkualitas” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa Prof Bambang Yulianto.

baca juga :  Keunggulan Terpendam Maggot, Solusi Usaha di Tengah Pandemi

Acara yang dimulai pukul 09.00 itu dibuka dengan penyerahan perwakilan siswa oleh site coordinator, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala UPT Pusat Bahasa dan Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa.

Di samping itu juga dilakukan penyerahan simbolis perangkat pembelajaran, sesi foto bersama dan ditutup dengan video teaser mengenai Access Program.

Sesuai dengan namanya, Access Program menjadi suatu wadah untuk membekali siswa dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris serta mendukung potensi dalam berbahasa.

Caranya dengan memberikan pengetahuan secara soft selling melalui pembekalan ilmu penunjang seperti teknologi dan informasi, literasi, budaya serta pelatihan kepempimpinan. Kurikulum yang disusun telah disesuaikan dengan kebutuhan di abad ke-21.

baca juga :  Calon Perempuan Bisa Menangi Pilwali Surabaya

“Melalui program ini diharapkan dapat membuka peluang bagi siswa ke depannya untuk mendapatkan karir yang lebih baik, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta membuka kesempatan untuk melakukan pertukaran pelajar ke berbagai negara, khususnya Amerika Serikat” jelas Site Coordinator Access Program Unesa Sueb MPd.

Program beasiswa ini menyasar siswa-siswi yang memiliki potensi unggul dari keluarga yang kurang mampu di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Adapun lrogram ini akan dimulai pada 15 Februari 2021 dengan pelaksanaan pascajam sekolah dan dilaksanakan selama dua tahun.

baca juga :  Pencuri Motor Gentayangan di Kampus Unesa Ketintang

Seleksi yang cukup ketat pun telah dilakukan guna menjaring siswa-siswi terbaik mulai dari seleksi administrasi, wawancara dan kemampuan berbahasa Inggris.

Kemudian sebanyak 40 siswa-siswi terbaik akhirnya terpilih, mereka berasal dari berbagai SMA/MA/Pesantren di wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan Jatim.

Sebelumnya, Access Program telah dilaksanakan di 5 kota, yakni DKI Jakarta, Medan, Surabaya untuk pelajar tingkat SMA dan Yogyakarta serta Malang untuk tingkat universitas.

Sejak didirikan pada 2004, lebih dari 110.000 siswa dari 80 negara telah berpartisipasi dalam Access Program yang salah satu fokusnya adalah memberikan program beasiswa global yang didukung Depertemen Luar Negeri Amerika Serikat. (mg-3/fer)

baca juga

Video : Kampus Unesa Ketintang Diobok-obok Bandit Motor

Agus Supriyadi

Unesa Sabet Dua Penghargaan Sekaligus di Lingkungan Kemendikbud

Ferry Ardi Setiawan

Unesa dan Pemkot Berkomitmen Cetak Guru Profesional

Syaifuddin