Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Pendidikan

UPN Jatim Gelar Pelatihan Komunikasi Efektif Untuk Bangun Circle Pertemanan di SMAN 17 Surabaya

 Surabaya, memorandum.co.id – Tim Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Jawa Timur menggelar pelatihan bertema “How To Socialize Effectively And Make Friends In Campus Life” di SMAN 17 Surabaya. Pelatihan ini diikuti sebanyak 50 siswa yang terdiri dari pengurus OSIS dan siswa kelas 12.

Dosen Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jawa Timur Farikha Rachmawati, M.I.Kom mengatakan efek pandemi Covid-19 menghambat proses sosialisasi murid SMAN 17 Surabaya.  Siswa kesulitan untuk mengungkapkan diri, memiliki kecakapan sosial yang kurang baik, anti sosial karena terlalu banyak bermain gadget, komunikasi kurang efektif kepada teman dan lingkungan sekitarnya.

“Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka Tim Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Jawa Timur menggelar pelatihan ini,” ujar Farikha Rachmawati, Jumat (13/5/2022).

Ditambahkannya, kegiatan ini bertujuan memberikan alih pengetahuan tentang komunikasi efektif dan komunikasi interpersonal, meningkatkan kecakapan sosial siswa, memberikan ruang bagi siswa membangun kepercayaan diri dan mengajak rekan berkenalan dan bercakap melalui games seru dan ice breaking, serta memberikan pemahaman etika komunikasi yang baik terhadap lawan bicara.

Wakil Kepala Sekolah SMAN 17 Surabaya Teguh Harjono mengatakan adanya kegiatan ini dapat menjalin kerjasama yang baik dengan Kampus UPN Veteran Jatim dalam hal transfer ilmu serta mempersiapkan bekal mahasiswa menuju jenjang perkuliahan terutama karena siswa sudah terlalu lama menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Acara dimulai dengan pretest dan ditutup dengan post test. Kevin, salah seorangmurid kelas 12 SMAN 17 Surabaya mengatakan bahwa acaranya seru. “Sangat membantu siswa untuk menyiapkan diri dan mengenal dunia perkuliahan, membangun hubungan dengan teman, serta memahami personal branding dan etika komunikasi efektif di dunia perkuliahan,” kata Kevin. (gus)

 

baca juga

UPN Veteran Jatim Gandeng KONI Surabaya Persiapkan Piala Rektor

Ferry Ardi Setiawan