Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

Vaksinasi Penghuni Rusun, Pemkot Surabaya Diminta Kedepankan Edukasi Alih-alih Ancaman Pengusiran

Reni Astuti saat berbincang dengan salah satu warga di Rusunawa Sombo

Surabaya, memorandum.co.id – Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, Reni Astuti mengunjungi rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Sombo yang memiliki 10 blok di bilangan Simokerto. Kedatangan pimpinan dewan ini dalam rangka sosialisasi terkait seruan proses vaksinasi bagi warga Rusunawa.

Di samping meninjau kondisi Rusunawa, politisi perempuan PKS ini juga menyapa dan menanyakan kesiapan para penghuni Rusunawa Sombo menjelang vaksinasi serentak yang akan digelar pada Minggu (6/6/2021) mendatang.


Setiba di lokasi, Reni menyusuri bangunan Blok E Rusun Sombo. Dia tak henti-hentinya mengajak dan mengimbau warga rusun agar berani disuntik vaksin.

“Saat ditanya, sejumlah penghuni Lansia mengaku telah mengikuti vaksinasi. Mereka bahkan menunjukkan bukti vaksinasi dan para warga tidak ada yang mengalami keluhan serius setelah disuntik vaksin,” jelas Reni, Jumat (4/6/2021).

baca juga :  DPRD Surabaya Ingatkan Pemkot dan Pengelola Soal Implementasi SE Pembatasan Pengunjung Mal

Sebelumnya, Pemkot melalui Dinas Tanah dan Pengelolaan Bangunan mengeluarkan Surat Pengumuman No. 000/4461/436.7.11/2021 tertanggal 2 Juni 2021 tentang konsekuensi bila menolak divaksin agar mencari hunian di luar rusun.

Reni menentang hal tersebut. Pihaknya lebih mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya supaya melakukan pendekatan edukatif, sosialiasi, serta melakukan upaya persuasif terhadap para penghuni rusunawa, alih-alih dengan mengancam.

“Saya mendorong Pemkot agar melakukan pendekatan humanis bagi para penghuni yang masih enggan divaksin, bisa didekati melalui tokoh masyarakat, pengurus RW, maupun pengurus rusun setempat,” tuturnya.

“Vaksinasi ini perlu disampaikan secara baik-baik. Sehingga saya tidak setuju jika ada yang disuruh keluar bila tidak mau divaksin sebagaimana yang tercantum di pengumuman,” imbuh Reni.

Sebab, saat pihaknya menemui warga dan memberikan penyuluhan tentang vaksinasi dan kesiapan mereka, warga rusun dinilainya bisa menerima dengan baik. Untuk itu, sosialisasi dan edukasi harus dikedepankan pemkot daripada memberi ancaman dengan mengusir dari rusun.

baca juga :  JLLB Kedung Cowek Jadi Ajang Balap Liar, Dewan Resah

Di akhir kunjungan, Reni bahkan mengajak collab salah seorang warga, Siti Aisyah, untuk menyempatkan membuat video kampanye ajakan mengikuti vaksinasi bagi para penghuni rusun.

“Ayo ikut vaksinasi supaya Covid-19 cepat selesai. Mari kita sama-sama berani suntik vaksin agar sehat dan selamat dari virus corona. Aku gak wedi divaksin, aku wedi nek gak duwe duwik,” ucap Aisyah.

Selain bersosialisasi dengan para penghuni rusunawa, dia juga memberi perhatian kepada para pedagang maupun para kader kesehatan. Sejumlah warga, kata Reni, nampak tengah beraktivitas membuat olahan makanan untuk dijual. Mulai dari aneka jajanan basah maupun kering hingga kudapan seperti bubur madura.

baca juga :  Kasus Yaidah yang Dapat Pelayanan Tak Baik, Pemkot Minta Maaf

Muhammad Yusuf, Ketua RT 09, Blok E, Rusun Sombo ikut serta mendampingi. Dirinya mengapresiasi kedatangan Reni Astuti ke Rusun Sombo.

“Kedatangan bu Reni kemari sebagai wujud pehatian kepada kami. Komunikasi ke penghuni rusun juga sangat ramah dan mendengarkan keluh kesah warga,” ujar Yusuf.

Baginya, Reni begitu tanggap dan senantiasa melayani warga.

“Tadi bu Reni juga sempat mengecek beberapa titik rusun, seperti dapur hingga kamar mandi umum. Berbagai aspirasi yang kami utarakan nantinya akan disampaikan dan diusulkan kepada pihak pemkot agar mendapatkan perhatian dan perbaikan. Dan terkait rencana vaksinasi bagi penghuni rusun semoga berjalan lancar,” harapnya.(mg3)

baca juga

Wisata Air Kalimas Nasibmu Kini: Pandemi Datang, Pengunjung Hilang

Aziz Manna Memorandum

Wawali Surabaya: Emak-Emak adalah Ujung Tombak

Aziz Manna Memorandum

Wawali Armuji Tinjau Vaksinasi Massal Pedagang Pasar Kapasan

Aziz Manna Memorandum