Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Jatim

Viral Anggota PJR Polda Jatim Beri Uang ke Penghuni Kolong Jembatan

Seorang pemuda yang sehari-hari tinggal di kolong jembatan

Surabaya, Memorandum.co.id – Viral di media sosial aksi seorang polisi memberi uang kepada seorang pemuda penghuni kolong jembatan. Momen haru itu diabadikan dalam video berdurasi 2 menit 30 detik oleh akun Tiktok @dhulurbudiman.

Video itu menampilkan seorang anggota PJR Ditlantas Polda Jatim berbincang dengan anak muda berkaos putih dengan celana pendek. Lokasinya di sebuah kolong jembatan tepi ruas jalan tol.


Di dalam percakapan itu, Adit panggilan akrabnya itu mengaku sebagai warga Wage Kecamatan Taman, Sidoarjo. Sehari-hari, Adit menempati kolong jembatan sebagai tempat tinggal karena tidak memiliki rumah.

Dia mengaku tidak sanggup membayar kontrakan setelah kehilangan pekerjaan. Di kolong jembatan, Adit tinggal sebatang kara. Adit ditinggal sang ayah setelah ibunya meninggal dunia.

baca juga :  Rem Blong, Truk Tumbuk Truk dan Hantam CCTV di Exit Tol Sidoarjo

“Ibu sudah meninggal,” ucap Adit ke petugas.

Terasa semakin haru saat polisi tersebut mengarahkan kamera ke tempat yang dijadikan remaja itu tinggal. Tidak ada penutup, apalagi kamar, semuanya dibiarkan terbuka beratap jembatan.

Yang ada hanya beberapa potong pakaian lusuh, nasi sisa dimakan dan botol air mineral. Adit mengaku sudah dua minggu ini tinggal di kolong jembatan.

“Sudah dua minggu, awalnya saya kerja di Sedati,” ucap Adit.

Untuk menyambung hidup, Adit mengamen di pemukiman sekitar jembatan tersebut. Dia mengaku malu saat mengamen. Apalagi saat bertemu dengan teman bermainnya.

baca juga :  Tabrak Pembatas Tol, Jazz Terguling

Namun apalah daya, Adit bilang, dia tak punya pilihan.

“Sehari dapat Rp 30 ribu, sudah selesai,” tandas Adit.

Usai berbincang, polisi itu kemudian memberi uang kepada Adit. Akan tetapi Adit sempat menolaknya.

“Ini terima buat kamu makan,” pinta polisi.

Beberapa jam diunggah, video tersebut langsung dibanjiri ribuan komentar, ratusan ribu like dan hampir empat ribu kali dibagikan.

Kasat PJR Ditlantas Polda Jatim, AKBP Dwi Sumrahadi ketika dikonfirmasi menyebut, polisi yang ada dalam video itu merupakan anggotanya. Dia Brigadir Budiman yang bertugas di Jatim wilayah II.

baca juga :  Ban Pecah, Pemudik Kecelakaan di Tol Ngawi

Dwi mengatakan, Budiman memang dikenal suka membantu sesama. Terutama orang dengan gangguan jiwa. Bahkan semua aksi yang dilakukan kata dia, diunggah ke akun Youtube Dhulur Budiman.

“Memang dia suka membantu orang-orang seperti itu. Terutama orang-orang dengan gangguan jiwa,” terang AKBP Dwi Sumrahadi, Jumat (27/8) siang.

Atas dedikasinya itu, AKBP Dwi juga menyampaikan bahwa pimpinan Polda Jatim sempat memberi penghargaan Brigadir Budiman pada hari ulang tahun Bhayangkara, 1 Juli 2021 lalu.

“Kemarin juga dapat penghargaan,” pungkas dia.(fdn)

Reporter : Faishal Danny

baca juga

X-Trail Tabrak Dump Truck di Tol Porong

Aziz Manna Memorandum

Warga Sukun Kota Malang Ditemukan Tewas di Rest Area Tol Sidoarjo-Surabaya

Aziz Manna Memorandum

Viral Video Lelaki Pukuli Tunangan di Kota Pasuruan, Polisi Gercep Tangkap Pelaku

Aziz Manna Memorandum