Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Malang Kota

Wali Kota Malang Apresiasi Program Kemenag

Wali Kota Malang H Sutiaji memberikan bantuan kepada warga.

Malang, memorandum.co.id – Wali Kota Malang H Sutiaji mengapresiasi program yang dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang dalam mendorong pembangunan kota.

Di antaranya, kegiatan bertajuk ‘Aksi Nyata Kemenag bersama Wali Kota Malang dan Forkopimda di Kampung Qoryah Sakinah, wilayah RW 7, Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Kamis (6/5/2021).


Wali Kota Malang menyampaikan pembangunan daerah perlu sinergi semua pihak. “Pembangunan secara sosial ini juga dibutuhkan oleh warga Kota Malang, utamanya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kelurahan Tanjungrejo ini,” katanya.

baca juga :  Kapolresta Makota Pimpin Pengamanan Aksi Bela Palestina

Menurutnya, program Kemenag Kota Malang ini sangat membantu Pemkot Malang untuk mendesain Kelurahan Tanjungrejo, khususnya RW 7 ini benar-benar menjadi kampung yang berdaya.

“Kalau bantuan fisik saya kira siapapun bisa melaksanakan itu, akan tetapi ini kan kalau sudah ditetapkan Qoryah Sakinah, tanggung jawabnya adalah bagaimana masyarakat itu akan diberikan literasi, edukasi, bahwa Tuhan tidak pernah diskriminasi kepada hambanya. Penguatan keyakinan bahwa dia harus bangkit dan dia harus bisa hidup lebih baik itu adalah sangat-sangat diperlukan,” papar Sutiaji.

baca juga :  Angka Stunting Turun, Wali Kota Malang Ingatkan Jangan Kendor

Terkait penanganan persoalan kumuh, dikatakan pihaknya sudah berkomitmen melakukan sejak 2020. “Itu sesungguhnya sudah masuk pada pemetaan kami dan sudah ada, kalau tidak salah 60 kepala keluarga (KK) yang ketika itu menjadi bagian program Kotaku untuk dibuatkan rumah. Gratis, tapi yang layak pakai. Nominalnya itu kalau tidak salah sekitar Rp 150 juta per rumah,” jelasnya.

Bersamaan, diserahkan bantuan sembako pada 25 KK di RT 9/RW 7, Kelurahan Tanjungrejo. Selain itu, diserahkan santunan anak yatim, beasiswa, modal usaha, bantuan sarana usaha berupa rombong serta bantuan fasilitas belajar untuk TPQ. Total anggaran yang disediakan selama setahun untuk program Kampung Qoryah Sakinah tersebut adalah sebesar Rp 424 juta. (*/ari/fer)

baca juga :  Wujudkan Keluarga Sakinah, Ini Upaya Pemkot Malang
Reporter : Biro Arema

baca juga

Wujudkan Keluarga Sakinah, Ini Upaya Pemkot Malang

Syaifuddin

Optimalkan Layanan, Wali Kota Malang Luncurkan Aplikasi E-SPPT PBB

Syaifuddin

Operasi Ketupat Semeru, Wali Kota Sutiaji Ingatkan Prokes

Syaifuddin