Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Malang Kota

Wali Kota Malang Perkuat Roadmap Ekonomi Kreatif

Drs H Sutiaji

Malang, memorandum.co.id – Pemkot Malang terus menggerakkan pengembangan ekonomi kreatif yang menjadi salah satu pengungkit pemulihan perekonomian.

Dengan tata kelola yang baik diyakini ekonomi kreatif bakal menjadi sektor ekonomi yang luar biasa. Pengembangan ekonomi kreatif ini antara lain sub sektor aplikasi dan game.

Wali Kota Malang Drs H Sutiaji menyampaikan pihaknya berkomitmen tinggi pada pengembangan ekonomi kreatif.

“Hingga kini ada sekitar 128 pelaku start up yang memiliki perusahaan. Oleh karena itu, di tahun 2022-2023 ini, kita sudah punya roadmapnya yaitu malang mendunia,” katanya.

Ditambahkan, roadmap awal pada2018-2019 adalah konektivitas sebagai bagian dari pembentukan dan penguatan ekosistem ekonomi kreatif yang kemudian pada 2020-2021 dilanjutkan dengan roadmap Malang Berdaya.

“Pada tahun 2018-2019, kita fokus pada konektivitas yang merupakan bagian dari penguatan ekosistem ekonomi kreatif. Pada tahun 2020-2021 kita lanjutkan dengan Malang Berdaya, harapannya para pelaku start up dan hasil karyanya akan memiliki nilai tawar,” terangnya.

Upaya Pemkot Malang ini menurutnya mendapatkan dukungan dari kalangan akademisi khususnya dari perguruan tinggi yang merespon positif dalam mendukung komitmen mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Malang.

“Alhamdulillah sudah ada 13 perguruan tinggi di Kota Malang dan 6 perguruan tinggi di luar Kota Malang yang telah membuat kurikulum dan bekerjasama dengan teman-teman komunitas itu artinya bahwa kurikulum perguruan tinggi juga berbasis usulan dari teman-teman komunitas,” urainya.

Sutiaji mengharapkan realisasi roadmap Malang mendunia ini menjadi salah satu pencapaian keberhasilan dalam kepemimpinannya dan memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan ekonomi Kota Malang khususnya dalam mengurangi angka pengangguran terbuka di Kota Malang. (*/ari/fer)

Reporter : Biro Arema