Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Berita

Warga Diimbau Tetap Jaga Kerukunan

Forkopimda dan tokoh agama serta tokoh masyarakat Kota Delta yang selalu kompak.

SIDOARJO– Pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Sidoarjo berjalan sukses. Ini berkat kekompakan Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Sidoarjo, Polresta Sidoarjo, Kodim 0816 Sidoarjo, KPU Sidoarjo, dan semua lapisan masyarakat.

Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah didampingi Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho memberikan keterangan pers.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah SH MHum, Sabtu (4/5). Bupati dua periode yang akrab disapa Abah Ipul itu juga mengajak masyarakat menjaga kerukunan pasca-Pemilu 2019. Apalagi pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Delta berjalan lancar, jurdil (jujur dan adil), transparan, demokratis, aman dan kondusif. “Sukses ini berkat kekompakan Forkopimda Kabupaten Sidoarjo, Polresta Sidoarjo, Kodim 0816 Sidoarjo, KPUD Kabupaten Sidoarjo, dan masyarakat,” ujar Abah Ipul.

Abah Ipul juga bersyukur. Sebab, berkat kebersamaan dan kekompakan di Sidoarjo, proses Pemilu 2019 berjalan lancar dan aman. “Terima kasih sekali lagi kepada semua pihak. Saya mengajak semua pihak, mari menerima hasil yang sudah ada dengan rukun dan damai,” ajak Abah Ipul.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sidoarjo KH Salim Imron dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat. Begitu juga kepada para penyelenggara Pemilu 2019, baik KPU dan Bawaslu, serta TNI dan Polri yang turut bersama-sama mensukseskan pesta demokrasi. “Saat ini yang terpenting mari saling legawa, menerima apapun hasilnya dan kembali ke persatuan dan kesatuan untuk kejayaan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia),” ujar Salim Imron.

Salim Imron berharap masyarakat bersatu kembali. Jika pada Pemilu 2019  terbelah dan ada kelompok-kelompok, maka saat ini semuanya sudah selesai. “Mari bersatu kembali, karena pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Sidoarjo telah berjalan dengan jujur, adil, lancar, aman dan kondusif,” ujar pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaul Hikam, Desa Putat, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, itu.

Pernyataan senada dilontarkan Ketua FKUB Kabupaten Sidoarjo KH M Kirom. KH M Kirom mengapresiasi setinggi-tingginya kinerja KPU Kabupaten Sidoarjo dan TNI-Polri. “Alhamdulillah pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan lancar, aman dan kondusif. Terima kasih kepada KPU Sidoarjo, para penyelenggara Pemilu 2019 dan TNI-Polri yang berhasil mewujudkan kelancaran dan kondusifitas Pemilu 2019,” ujar dia.

Tokoh agama di Kabupaten Sidoarjo, KH Agoes Ali Mashuri (Gus Ali), pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Bumi Sholawat juga mengucapakan terima kasih kepada KPU, Bawaslu, TNI-Polri, serta masyarakat Sidoarjo. Gus Ali mengatakan, semua pihak telah menunjukkan kecintaannya pada Tanah Air dan pentingnya persatuan dan kesatuan dengan mensukseskan Pemilu 2019. “Fase kecintaan kita kepada NKRI telah kita tunjukkan, yakni salah satunya dengan menjaga situasi di Kabupaten Sidoarjo dengan penuh kedamaian saat Pemilu 2019. Saat ini yang harus kita lakukan kembali bergandeng tangan untuk Sidoarjo dan Indonesia yang penuh damai,” kata Gus Ali.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho

Sementara itu, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan, suksesnya pelaksanaan Pemilu 2019 di Sidoarjo berkat peran serta berbagai pihak. Semua bisa saling menghormati dan menahan diri sehingga Pemilu berjalan aman dan lancar. “Pilpres maupun Pileg 2019 di Sidoarjo sejauh ini berjalan dengan baik. Kami juga tidak menemukan adanya kecurangan. Memang ada beberapa permasalahan yang timbul saat rapat pleno rekapitulasi, namun masih bisa diselesaikan di tingkat PPK,” ujar Pamen Polri kelahiran Demak, Jawa Tengah, itu.

Sementara, hasil akhir rekapitulasi KPU Sidoarjo pada Pemilu 2019, Kamis pekan lalu, pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin meraih suara terbanyak pada Pemilu Presiden di Kabupaten Sidoarjo dengan jumlah suara 817.853. Pesaingnya, pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 350.788 suara. (adv/jok/fur)

 

baca juga

Wujudkan Pilkades Serentak Aman, Kapolresta Sidoarjo Cangkrukan Kamtibmas

Aziz Manna Memorandum

Warga Sidoarjo Rindu Sosok Brigjen Anggoro

Aziz Manna Memorandum

Wakapolresta Sidoarjo: Kampung Tangguh Bikin Tangguh dan Aman Masyarakat

Aziz Manna Memorandum