Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Probolinggo

Wartawan Probolinggo Demo Teatrikal Kekerasan Jurnalis Tempo

Aksi treatikal wartawan Probolinggo sebagai bentuk solidaritas tindak kekerasan fisik terhadap jurnalis Tempo.

Probolinggo, Memorandum.co.id – Kecaman atas kekerasan dan intimidasi terhadap jurnalis Tempo Surabaya, Nurhadi saat menjalankan tugas jurnalistiknya, Sabtu (27/3/2021) lalu, terus mengalir.

Di Probolinggo, puluhan jurnalis pun tak tinggal diam, mereka menggelar aksi solidaritas dengan menggelar treatikal di Tugu Adipura, jalan Panglima Sudirman Kota Probolinggo.


Dalam aksinya, mereka membawa berbagai poster dengan mengecam tindak kekerasan kepada wartawan, beserta dua batu nisan lengkap dengan bunga setaman.

Poster yang dibawa berisikan sindiran dan kecaman, seperti, “Dukung Polisi Usut Tuntas Kekerasan Insan Pers”, Stop Kekerasan Terhadap Jurnalis”, Lagi Kekerasan Pers Terulang”.

baca juga :  Polda Jatim Gelar Pra Rekontruksi Kasus Penganiayaan Wartawan Nurhadi

Koordinator aksi, Farid Falevi mengatakan, aksi ini merupakan bentuk dukungan moril kepada Nurhadi. Sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa jurnalis dilindungi oleh UU Pers. Dan yang terpenting, agar masyarakat paham bahwa pekerjaan jurnalis juga untuk kepentingan publik.

“Kami ingin memberikan dukungan moril kepada Nurhadi. Jadi kami mendorong aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas kasus kekerasan ini. Kami akan kawal sampai tuntas,” tegas Farid Falevi.

Penangungjawab aksi, Rhoma Dona menuturkan, profesi wartawan dalam tugasnya sudah diatur oleh undang-undang dan itu harus dipahami aparat hukum dan masyarakat. Untuk itu, mereka yang menghalangi tugas jurnalis bisa mendapat sanksi.

baca juga :  PWI Jombang Desak Polisi Usut Tuntas Kasus Kekerasan Terhadap Wartawan Tempo di Surabaya

“Jadi apa yang kita lakukan dalam bentuk karya jurnalistik sudah diatur undang-undang,” ucapnya.

Para jurnalis yang ikut urut turun ke jalan berasal dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Probolinggo, Jurnalis Probolinggo Kota (JISPRO), F-Wamipro, dan Aliansi Wartawan Probolinggo, serta kelompok jurnalis lain.(mhd)

baca juga

Wartawan Sidoarjo Kecam Pelaku Penganiayaan Wartawan TEMPO

Ferry Ardi Setiawan

Soal Nurhadi, Polda Jatim Bentuk Tim Khusus dan Janji Transparan

Agus Supriyadi

PWI Pasuruan Minta Kapolda Jatim Usut Tuntas Kekerasan Terhadap Wartawan

Aziz Manna Memorandum