Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Headline

Wisata Air Kalimas Nasibmu Kini: Pandemi Datang, Pengunjung Hilang

Kondisi Kalimas sebelum pandemi

Surabaya, Memorandum.co.id – Suara deru mesin perahu dan kecipakair sudah tidak terdengar lagi di sepanjang Kalimas. Begitulah suasana yang sekarang ada di Kalimas seiring dengan mewabahnya Covid-19.

Ketika menjelang petang, yang tampak hanya  kerlap-kerlip lampu lampion yang beraneka bentuk menerangi Kalimas. Suasana yang tercipta pun terasa indah. Apalagi rembulan pun tak malu-malu ikut memberikan sinarnya di permukaan air yang berwarna kecoklatan.


Eksotika Kalimas ini sudah tidak bisa dinikmati secara langsung oleh wisatawan. Mereka hanya bisa berpuas diri memandang di pinggir sungai. Ya,  Sudah 6 bulan terakhir ini perahu wisata yang mengangkut  para wisatawan menyusuri Kalimas itu sudah tidak beroperasi.

baca juga :  Jelang Musim Hujan, Warga Kota Surabaya Diminta Waspada

“Sebenarnya ingin menikmati sepoi-sepoinya angin di tengah sungai sambil menikmati pemandangan malam hari Surabaya lewat perahu wisata. Sayang, sudah tidak beroperasi,” ungkap Heni Sulistyawati, warga Lidah Wetan, Kecamatan Lakarsantri.

Ia mengaku, sebelum pandemi, bersama keluarga kerap naik perahu menyusuri Kalimas, terutama ketika hari libur. Apalagi ongkos naik perahu ini tidak mahal sehingga ini menjadi destinasi wisata yang murah meriah.

Sedangkan Kepala UPTD THP Kenjeran dan Wisata Air Kalimas, Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Surabaya Saidatul Mahruna mengatakan, untuk wisata air Kalimas ini hingga sekarang masih tutup. Ini akibat pandemi Covid-19.

baca juga :  Pemkot dan Kadin Surabaya Gelar Vaksin Merdeka, Sasar 20 Ribu Pelaku Ekonomi

“Wisatawan yang menikmati wisata air Kalimas dengan naik perahu sebelum pandemi cukup banyak.  Kalau Sabtu- Minggu, wisatawan yang naik perahu mencapai 1.000 hingga 2.000 orang,” kata dia.

Antusiasme masyarakat untuk menikmati wisata air ini karena tarifnya murah.  Cukup dengan  membayar Rp 4.000, mereka bisa menyusuri Kalimas sambil melihat aneka lampu lampion dari atas perahu.(udi/tyo)

Reporter : Syaifuddin

baca juga

YPS, PT Mikatasa Agung, dan Cheers Salurkan Bantuan Penanganan Covid-19 ke Pemkot Surabaya

Aziz Manna Memorandum

Wawali Surabaya: Emak-Emak adalah Ujung Tombak

Aziz Manna Memorandum

Wawali Armuji Tinjau Vaksinasi Massal Pedagang Pasar Kapasan

Aziz Manna Memorandum