Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Surabaya

Wisuda ITS ke-122 Diramaikan Arak-arakan Virtual dan Program Berbagi

Tradisi arak-arakan wisuda ITS ke-122 yang ditampilkan secara virtual menggunakan media permainan minecraft.

Surabaya, memorandum.co.id – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar wisuda ke-122. Berbeda dengan tahun sebelumnya, acara tersebut digelar secara daring akibat pandemi Covid-19 tetap terasa mengesankan dan tetap diwarnai tradisi arak-arakan wisuda tapi secara virtual, Sabtu (17/10/2020).


Wisuda ke-122 kali ini, ITS meluluskan total 2.866 mahasiswa dari berbagai jenjang pendidikan. Dari total wisudawan tersebut, sebesar 28 persen atau sebanding dengan 730 mahasiswa berhasil lulus dengan predikat cumlaude. Istimewanya, 119 wisudawan atau sebanyak 32 persen yang mendapat predikat cumlaude merupakan penerima beasiswa Bidikmisi.


Pada wisuda semester gasal yang terbagi menjadi empat sesi ini dimulai pada 17-18 Oktober dan berlanjut pada 24-25 Oktober mendatang.

baca juga :  ITS Raih Runner-up dalam Gemastik ke-13

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng mengatakan, bahwa dalam sambutannya mengungkapkan, kali ini adalah wisuda yang istimewa.

“Pada wisuda kali ini, para wisudawan dapat merayakan kelulusan bersama keluarga dan sahabat di rumah masing-masing dan ini tentunya merupakan hikmah bagi kita semua di tengah-tengah pandemi Covid-19,” ujar Ashari.

Tak hanya sekadar melaksanakan pesta kelulusan, pada serangkaian wisuda ITS kali ini terdapat program bernama Wisuda Berbagi. Salah satu bentuk rasa syukur tersebut adalah dengan mengajak seluruh wisudawan beserta sivitas akademika ITS untuk membantu anak-anak di daerah Jombang, Surabaya, dan Bojonegoro yang kekurangan akses belajar di masa pandemi ini.

baca juga :  Hadapi Corona, ITS Bantu Makanan Sehat Mahasiswa

Tak hanya itu, pada serangkaian acara wisuda kali ini juga mengusung ide baru, yaitu arak-arakan wisudwan secara virtual dengan menggunakan media permainan minecraft. Pihak kampus sendiri menyediakan media menggunakan zoom dan juga bekerja sama dengan komunitas Kakatoa Games Network untuk menyediakan media minecraft.

Salah satu wisudawan serta koordinator Alifa Izzan Akhsani, mengatakan bahwa wisudawan yang mengikuti arak-arakan wisuda minecraft telah diberikan akses ke dunia minecraft Kampus ITS.

“Akses yang diberikan berskala 1:1, yang mana dibuat oleh tim dari komunitas dan mahasiswa baru ITS 2020 melalui channel khusus sehingga mereka bisa melakukan tradisi arak-arakan tanpa diganggu pihak luar kampus,” ujar Izzan.

baca juga :  ITS Luncurkan Mobil Tanpa Pengemudi Pertama di Indonesia

Komunitas Kakatoa Games Network menyiapkan beberapa hal baru seperti fitur khusus untuk momen wisuda dan arak arakan. Yakni ada fitur sewa kendaraan wisuda dan juga tempat untuk swafoto di kampus. (mg2/fer)

baca juga

Volume Semburan Minyak di Kutisari semakin Membesar

Syaifuddin

UTBK Berakhir, 600 Peserta di ITS Dinyatakan Gugur SBMPTN

Aziz Manna Memorandum

Unair-ITS Kolaborasi Ciptakan Robot Medis Pro-nakes bagi RSUA

Aziz Manna Memorandum