Memorandum.co.id – Berita Peristiwa Kriminal Hari Ini
Malang Kota

Wujudkan Layanan Prima, Pemkot Malang Tingkatkan Kapasitas Camat dan Lurah

Drs Mulyono MSi.

Malang, Memorandum.co.id – Pemkot Malang terus meningkatkan kinerja para pemangku pemerintahan di tingkat kecamatan dan keliurahan dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima.


Ini dilakukan Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Malang yang menggelar Bimbingan Teknis (bimtek) Perencanaan Kegiatan yang sesuai dengan Pendelegasian sebagian Kewenangan Wali Kota kepada Camat dan Lurah se Kota Malang, di Hotel Santika Kota Malang, Selasa (16/11/2021).

Wali Kota Malang Drs H Sutiaji menginginkan kecamatan dan kelurahan dapat semakin maju dan memiliki ruang pemberdayaan masyarakat yang luas dalam pelayanan publik terdepan.

baca juga :  Kota Malang Raih Penghargaan Indonesia Award 2021

“Jadi penguatan ini (kecamatan dan kelurahan) bukan hanya tentang amanat undang-undang pemerintahan daerah, tapi kita lihat substansinya memang kecamatan dan kelurahan adalah ujung tombak,” ujarnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs Mulyono MSi menyampaikan bahwa, terkait dengan kewenangan camat dan lurah karena mempunyai dua kewenangan yang sama berat, yakni kewenangan yang bersifat atributif dan kewenangan delegatif.


Delegasi sebagian kewenangan camat dan lurah di Kota Malang telah ditetapkan melalui Peraturan Wali Kota Malang Nomor 111 Tahun 2019 dan mencakup sejumlah ranah urusan penyelenggaraan pemerintahan. Mulai dari pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, sosial, ketenagakerjaan, kependudukan dan pencatatan sipil, hingga pemberdayaan.

baca juga :  Wali Kota Malang Tekankan Penguatan Ekraf, UMKM & Pariwisata

Menurutnya, ini harus terus dikuatkan mulai dari perencanaan kinerja pegawai karena banyaknya spektrum layanan yang diemban. “Menyusun sasaran kinerja pegawai, hari ini kerjanya apa dan hasilnya apa agar ke depan pola penilaian kinerja kita banyak berubah yang akan di fasilitasi nasional dan diintegrasikan bersama-sama,” katanya.

Untuk itu, camat dan lurah dapat mulai mempelajari dan memahami kewenangannya atas semua kegiatan yang akan dilaksanakan. “Para camat dan lurah ke depannya dan berhati-hati dalam mengambil keputusan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan Drs Fahmi Fauzan AZ menyampaikan tujuan bimtek agar bisa memberikan pemahaman kepada camat dan lurah dalam melaksanakan tugas-tugas pendelegasian kewenangannya. “Misalnya, merencanakan kegiatan di kecamatan dan kelurahan, serta lembaga kemasyarakatan di wilayah masing-masing,” jelasnya. (ari/gus)

baca juga :  Kota Malang Pilot Project Penguatan QRIS
Reporter : Biro Arema

baca juga

Wujudkan Layanan Terbaik, Walikota Malang Koordinasi dengan Cara Ini

Aziz Manna Memorandum

Wujudkan Layanan Publik Bebas Korupsi, Wali Kota Malang Canangkan Zona Integritas Lanjutan

Aziz Manna Memorandum

Wujudkan Layanan Prima, Pemkot Malang Gelar ‘Awarding Day 2020’

Agus Supriyadi